aplikasi pembayaran elektronik

7 Aplikasi Pembayaran Elektronik Kekinian

Kemajuan teknologi lambat laut membawa banyak perubahan pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti halnya metode pembayaran yang pada awalnya tunai atau cash, kemudian beralih ke cashless. Pada awalnya kita mengenal kartu debit maupun kartu kredit sebagai pengganti uang tunai, namun kini kita kerap menjumpai metode pembayaran digital yang digawangi oleh beberapa aplikasi yang kemudian beberapa diantaranya sangat kita akrabi.

Sistem pembayaran digital atau digital payment merupakan sebuah cara pembayaran dengan memanfaatkan media teknologi seperti misalnya Internet Banking, Mobile Banking, Digital Wallet, SMS Banking, e-money dan lain sebagainya. Semua kegiatan ini bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar.

Metode pembayaran elektronik (Digital Payment) semakin banyak diminati dikarenakan memiliki banyak kelebihan, diantaranya :

Lebih efisien. Kamu tidak harus keluar rumah untuk bertransaksi atau membayar keperluan bulanan atau tagihan bulanan

Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama terhubung dengan internet maka pembayaran jenis ini akan selalu dapat dilakukan

Cenderung lebih aman. Dengan marak beredarnya uang palsu maka jenis pembayaran ini lebih aman. Cara ini juga lebih aman dari tindak kejahatan pencopetan misalnya, karena kamu tidak perlu membawa uang tunai secara berlebihan

Hemat tenaga dan juga waktu. Kamu tidak perlu mengantri saat harus membayar tagihan listrik misalnya.

Lebih praktis karena bisa saja dalam satu aplikasi kamu dapat menyelesaikan pembayaran untuk beberapa tagihan dalam satu waktu

Berikut ini merupakan 7 aplikasi pembayaran elektronik (digital) paling hits saat ini :

1. OVO

Rasanya hampir tidak ada yang tidak mengenal mobile payment application yang satu ini. Dengan aplikasi pintar satu ini kamu dapat melakukan berbagai jenis pembayaran seperti misalnya listrik, isi pulsa, berlangganan internet dan lain sebagainya.

Sementara itu Top Up saldo untuk OVO dapat kamu lakukan melalui m-Banking, Internet Banking, ATM dan Debit Card, juga bisa dilakukan pada beberapa merchant tertentu bertanda OVO Accepted Here serta pada OVO Booth yang biasanya terdapat pada pusat perbelanjaan. Dengan aplikasi ini kamu juga memiliki kesempatan bersar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat dalam bentuk OVO Points.

2. Go-Pay

Go-Pay atau yang sebelumnya disebut dengan Go Wallet merupakan dompet virtual penyimpan Go-Jek Credit kamu yang dapat kamu gunakan untuk membayar berbagai transaksi yang berkaitan dengan layanan yang tersedia dalam aplikasi Go-Jek maupun beberapa merchant yang bekerja sama dengan Go-Jek. Financial Technology (Fintech) yang satu ini kini telah membentangkan sayap ke beberapa negara.

Saldo Go-Pay dapat kamu gunakan untuk belanja online, membayar aneka jenis tagihan dan lain sebagainya. Pengisian saldo Go-Pay juga terbilang mudah dan dapat kamu lakukan melalui pengemudi Go-Jek, minimarket, ATM maupun Internet Banking.

3. DANA

Dana atau Dompet Digital Indonesia adalah layanan pembayaran digital berbasis aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk pembelian pulsa, membayar aneka tagihan bulanan seperti listrik atau BPJS, membeli voucher Google Play, pembayaran cicilan maupun berbelanja online.

Dana juga telah bekerja sama dengan banyak platform terkemuka lainnya seperti Cinema XXI, Ramayana, Bukalapak dan lain sebagainya. Dana menawarkan beberapa keunggulan salah satunya adalah garansi uang kembali apabila terjadi kesalahan pada saat pengguna tengah bertransaksi.

4. LinkAja

Selanjutnya adalah aplikasi LinkAja yang dapat digunakan untuk mengisi saldo, belanja online, jual beli ponsel serta bertransaksi pada beberapa merchant tertentu.

LinkAja memiliki dua jenis layanan yaitu Basic Service dimana penggunanya dapat mengisi saldo hingga 2 juta rupiah, dan layanan Full Service dimana pengguna dapat mengisi saldo hingga 10 juta rupiah. Full Service juga memungkinkan pengguna dapat mengirim uang dan menarik saldo sedangkan layanan Basic Service tidak menyediakannya.

5. Sakuku

Yang satu ini merupakan layanan pembayaran digital yang dikeluarkan oleh Bank BCA.  Aplikasi satu ini memerlukan nomor ponsel kamu untuk dijadikan sebagai akun tanpa dibebani biaya bulanan.

Terdapat beraneka macam transaksi perbankan yang dapat kamu lakukan menggunakan Sakuku seperti misalnya KlikBCA Individual, top up / cash di ATM BCA, BCA mobile banking, penarikan uang tunai di ATM BCA dan masih banyak lagi. Sakuku juga memiliki layanan yang lebih lengkap lagi dalam Sakuku Plus.

6. mandiri online

Walaupun mengusung nama Bank Mandiri namun aplikasi satu ini juga dapat digunakan untuk bank apapun. Penggunaannya juga mudah, yaitu kamu hanya perlu tap kartu e-money ke ponsel seraya membuka aplikasi mandiri online.

Syaratnya adalah ponsel yang kamu gunakan harus memiliki fitur NFC. Banyak jenis pembayaran yang bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi ini termasuk membayar biaya pendidikan serta tentunya kamu dapat melakukan isi ulang e-money dengan mudah.

7. i-Saku

Aplikasi i-Saku merupakan layanan pembayaran elektronik yang dikeluarkan oleh Indomaret yang memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi keuangan seperti Cash In, Purchase, Cash Out dan Transfer dan terutama untuk memudahkan kamu berbelanja di gerai Indomaret.

Aplikasi ini telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) untuk beroperasi. Kamu juga dapat melakukan setor tunai maupun tarik saldo dengan menggunakan fasilitas token.

Selain yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa aplikasi pembayaran digital lain yang mencoba untuk ikut bersaing memperebutkan pasar diantaranya adalah Doku, T-Money, Jenius, Money Pro, Rekening Ponsel dan lain sebagainya. Yang mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.