8 Jurus Ampuh Untuk Memulai Bisnis Kuliner

Anda sangat tepat jika memilih usaha di bidang kuliner. Selama manusia masih hidup, bisnis makananan dan minuman tidak akan pernah mati. Sebab itulah banyak orang yang lebih memilih untuk terjun di dunia kuliner.

Akan tetapi, memulai bisnis usaha di bidang kuliner tidak semudah yang dibayangkan. Banyak pesaing yang harus Anda taklukan untuk melewati usaha di bidang kuliner ini. Anda harus benar-benar memikirkan secara matang untuk memulai bisnis yang satu ini.

Untuk membangun sebuah bisnis pastinya memerlukan cara-cara jitu yang harus dilakukan. Nah, berikut ini kami akan mengulas 8 jurus cepat untuk memulai usaha kuliner.

Baca Juga :

7 Tips Ampuh Agar Tidak Mudah Menyerah Dalam Memulai Bisnis
7 Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis

1. Jenis Usaha Kuliner Apa Yang Akan Anda Bangun

Jenis Usaha Kuliner Apa Yang Akan Anda Bangun
Wajib Anda Pikirkan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis ini ialah memikirkan ide apa yang akan Anda buat untuk memulai bisnis kuliner Anda. Salah satu contohnya adalah Masakan Padang, Ayam Geprek, dan lain sebagainya.

Seperti halnya masakan Masakan Padang, jenis kuliner ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Dengan ciri khas bumbu dan sambal yang ada di dalamnya membuat masakan ini menjadi daya tarik bagi pelanggan. Jadi, jenis usaha yang akan dibangun harus benar-benar matang dan dipikirkan sebaik mungkin.

2. Mendalami Usaha Kuliner yang Akan Dibangun

Mendalami Usaha Kuliner yang Akan Dibangun
Anda Juga Harus Fokus Dalam Mengembangkan Bisnis Kuliner Anda

Ingin membuat usaha kuliner, pastinya Anda harus mendalami dulu bagaimana cara membuat makanann yang akan Anda buat. Jika Anda sudah menguasai resep makanan yang akan dibuat, lalu cobalah dulu masakan ciptaan Anda untuk dicicipi orang lain terlebih dahul.

Apakah orang lain juga memiliki selera yang sama dengan Anda sebagai pembuat makanan tersebut atau tidak. Jika sudah benar-benar top masakan Anda disurvei oleh beberapa orang. Janganlah ragu untuk memulai usaha kuliner ini.

3. Memiliki Fasilitas Yang Baik

Memiliki Fasilitas Yang Baik
Sebisa Mungkin Buat Pelanggan Anda Betah Di Tempat Anda

Langkah selanjutnya ialah harus memiliki fasilitas yang baik. Tempat harus bersih dan rapi, serta enak dilihat. Bilamana pengunjung lewat depan rumah makan Anda, pastinya akan melirik terlebih dahulu karena tempatnya yang elegan dan enak.

Apalagi fasilitas rumah makan anda akan lebih cantik jika ditambah hiasan-hiasan lain seperti bunga-bunga, aliran air yang gemericik dan masih banyak jenis hiasan lainnya. Yang terpenting bisa memikat daya tarik pelanggan dengan melihat tempat rumah makan Anda.

4. Mengatur Waktu

Mengatur Waktu
Tetapkan Juga Kapan Rumah Makan Anda Buka/Tutup

Anda wajib mencantumkan waktu tetap mulai dari buka sampai tutup rumah makan di tempat Anda. Misal untuk hari senin – jum’at buka pukul 08.00 – 21.00, lalu Sabtu dan Minggu buka 08.00 – 18.00. Waktu tersebut akan membuat pelanggan lebih efektif untuk datang ke tempat rumah makan Anda.

Biasanya para pelanggan selalu memperhatikan rumah makan mulai dari hari apa saja bukanya. Pukul berapa hingga berapa rumah makan tersebut tutup. Ketika sudah mendapatkan waktu yang cocok di rumah makan tersebut, pelanggan pastinya akan datang ke rumah makan Anda.

Baca Juga :

7 Resiko Usaha Yang Harus Anda Hadapi
10 Peluang Usaha Kreatif Untuk Pemula

5. Membuat Pelanggan Anda Puas

Membuat Pelanggan Anda Puas
Pelanggan Adalah Raja, Maka Buatlah Pelanggan Anda Puas

Kepuasan pelanggan adalah nomor satu agar si pembeli bisa kembali lagi untuk datang ke rumah makan Anda. Jika Anda galak atau tidak sopan terhadap pelanggan, tentu si pembeli tersebut akan sungkan untuk datang kembali ke tempat rumah makan Anda.

Anda juga harus benar-benar menyeleksi karyawan Anda sebaik mungkin. Mulai dari penampilan, tingkah laku dan interaksi dengan pembeli. Jika karyawan Anda melakukan kesalahan, Anda juga yang akan menerima tanggungannya ya kan!

6. Mempromosikan Tempat Anda

Mempromosikan Tempat Anda
Promosikan Juga Tempat Anda Di Media Social Dll

Meski sudah mendirikan tempat rumah makan, Anda jangan lupa untuk mempromosikan jenis kuliner yang ada di rumah makan Anda. Dengan bantuan teknologi, Anda bisa memposting makanan kuliner Anda melalui facebook, Instagramm dan media sosial lainnya.

Dengan begitu, pelanggan yang Anda dapatkan bukan hanya dari daerah terdekat saja. Namun setelah melihat postingan yang Anda kirimkan memikat hatinya, orang tersebut mau nggak mau akan mendatangi rumah makan Anda.

7. Menerima Pesanan Online

Menerima Pesanan Online
Permudah Pelanggan Anda Dengan Menerima Pesanan Online

Melanjutkan yang di atas, terimalah jasa antar kuliner yang Anda buat. Anda bisa menambahkan biaya ongkir dikarenakan harus mengantar kuliner yang dipesan. Hal ini juga bermanfaat untuk memudahkan pelanggan agar tidak capek karena lama mengantri.

Jika pesanan online semakin maju, Anda harus membuat aplikasi tersendiri untuk terima pesan online bisnis kuliner Anda. Selain mendapat keuntungan dari pembeli, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan besar melalui aplikasi yang Anda buat sendiri.

8. Tahu Sumber Pemasukan

Tahu Sumber Pemasukan
Atur Sebaik Mungking Keuangan Bisnis Anda

Anda yang menciptakan usaha kuliner Anda sendiri dan Anda juga yang harus memanajemen usaha Anda. Pastinya Anda harus mengetahui sumber pemasukan yang didapat dari usaha yang Anda buat.

Seperti halnya dalam membeli bahan makanan, menggaji karyawan dan lainnya. Hal penting itu harus Anda ketahui lebih detail. Bagaimana cara Anda tahu bahwa pemasukan hari H tidak ada yang kurang.

Anda harus memikirkan secara matang untuk masalah sumber penghasilan. Jangan sampai Anda tidak tahu akan hal ini sama sekali. Bisa-bisa Anda akan rugi besar dan gagal megelola bisnis kuliner yang telah Anda buat.

Nah, itulah 8 jurus cepat untuk memulai usahan kuliner. Anda harus menerapkan satu per satu langkah-langkah di atas agar bisa membangun usaha kuliner yang baik dan berhasil.

Semua usaha pasti akan berjalan lancar jika kita mampu memulainya dan bekerja keras dengan sungguh-sungguh. Nah, bagaimana menurut kalian, apakah sudah mendapat gambaran jenis kuliner apa yang akan dibuat nantinya? Jika sudah, mulailah dari sekarang juga!

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.