ide usaha ibu rumah tangga

7 Ide Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga

Siapapun setuju jika pekerjaan sebagai seorang Ibu Rumah Tangga merupakan pekerjaan paling mulia. Dari mulai membereskan segala persoalan di dalam rumah hingga mengurus anak-anak. Namun dengan profesi semulia ini, jika mereka menginginkannya apakah ada peluang bagi Ibu Rumah Tangga untuk memiliki sebuah usaha?

Banyak yang beranggapan bahwa dengan begitu banyaknya kesibukan yang harus dilakukan oleh seorang Ibu Rumah Tangga, mereka seolah tidak memiliki waktu lagi untuk dirinya sendiri, apalagi untuk menjalankan sebuah usaha yang menghasilkan.

Baca Juga : 6 Rahasia yang Harus Kamu Tahu Sebelum Merintis Bisnis

Padahal dengan sedikit penyusuaian waktu, adanya kemauan, kemampuan yang disesuaikan denga passion serta tentunya pemilihan usaha yang sesuai maka seorang Ibu Rumah Tangga tidak hanya mampu menjadi manager untuk urusan keuangan di rumah, tetapi bahkan mampu membantu perekonomian keluarga.

Lalu apa saja jenis usaha yang sesuai untuk Ibu Rumah Tangga? Berikut adalah 7 ide usaha yang sesuai bagi Ibu Rumah Tangga

1. Katering

Bagi para ibu yang memiliki hobi memasak, ide usaha satu ini tidak boleh diabaikan. Jika masih menganggap usaha ini memerlukan dedikasi yang tinggi sehingga memerlukan waktu dan bantuan yang besar, kamu bisa memulainya dengan membuka Pre Order (PO) untuk masakan atau kue yang ingin kamu buat lalu sebarkan melalui media sosial, tawarkan pada lingkungan di sekitarmu termasuk saudara dan kawan-kawanmu siapa yang berminat untuk memesan.

Setelah banyak orang yang mengetahui dan mengenal rasa masakan atau kue yang kamu buat, maka saatnya memulai usaha catering sedikit demi sedikit.

Baca Juga : Istilah-Istilah yang Ada Di Dunia Bisnis yang Harus Kamu Ketahui

2. Binatu / Laundry

Usaha binatu kiloan saat ini memang telah sedemikian menjamur. Namun dengan beragam alasan, ternyata usaha yang satu ini tidak pernah sepi pelanggan.

Mulai dari alasan kesibukan sehingga tidak sempat mencuci baju, alasan air di rumah yang kurang bersih, musim hujan menjadi penyebab cucian tidak kering sempurna sampai dengan kaum perantau dan anak kost yang memilih mempercayakan baju-baju mereka di tangan usaha binatu kiloan.

Sehubungan dengan ini, tidak ada salahnya jika kamu sebagai ibu rumah tangga melirik usaha ini. Jika berminat, buatlah riset terkait usaha ini, mengenai berapa modal usaha yang diperlukan, apa saja perlengkapan atau alat apa saja  yang perlu disediakan, berapa jarak laundry kiloan terdekat.

Jangan lupa tetapkan strategi apa yang harus kamu ambil sehingga usaha kamu tetap laku ditengah persaingan ketat, misalnya saja di tempatmu pakaian tidak dicampur dengan milik orang lain, pakaian warna putih terpisah, menggunakan air hangat dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah 7 Tanda-Tanda Seorang Pebisnis yang Sukses

3. Depot Air Minum Isi Ulang

Mengingat kebutuhan mendesak akan adanya air bersih dan sehat, usaha depot air minum isi ulang juga merupakan peluang untuk kamu para ibu rumah tangga. Masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan cenderung memilih membeli air minum isi ulang untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak, terutama bagi wilayah yang memiliki kondisi air tanah kurang bersih.

Karena itu manfaatkan situasi ini sebagai peluang menjanjikan. Kamu harus memperhitungkan modal untuk membeli paket depot isi ulang, galon, dan motor bekas yang digunakan untuk mengantar dan satu atau dua orang karyawan. Selain menjual air minum isi ulang kamu sedikit demi sedikit juga bisa melengkapinya dengan menjual gas elpiji.

Baca Juga : Ubah Sampah Menjadi Lahan Bisnis dengan Cara Ini

4. Penulis Freelance

Kalau kamu mencintai dunia tulis menulis, pekerjaan sampingan satu ini sangat cocok buat kamu.

Saat ini sangat banyak website besar maupun menengah memerlukan penulis lepas untuk mengisi ruang artikel mereka. Agar lebih memudahkan dalam pembuatan sebuah artikel, ada baiknya kalau kamu memilih artikel yang sesuai dengan minat kamu atau yang kamu kuasai.

Yang tentunya perlu kamu persiapkan adalah tersedianya computer atau laptop di rumah, dengan layanan internet yang lancar. Selain itu tentunya selebihnya berada di tangan kamu, bagaimana merangkai kata, mencari data yang tepat dan lengkap dan jika diperlukan perlu ada survey kecil-kecilan.

Baca Juga : 7+ Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Yang Sangat Menjanjikan

5. Usaha Jahitan

Sementara bagi kamu yang gemar menjahit serta memiliki kemampuan atau skill menjahit yang cukup baik, rasanya sayang jika kamu tidak memanfaatkan kemampuan ini menjadi sebuah usaha.

Keperluan masyarakat akan pakaian atau permak pakaian tidak pernah sepi peminat. Belum lagi jika kamu juga gemar men-desain pakaian, maka lambat laun usaha kamu yang pada awalnya kecil-kecilan saja bisa menjadi besar bahkan menjadi sebuah butik. Yang kamu perlukan tentu saja tidak terlalu memerlukan modal besar.

Pada awalnya perlu disediakan mesin jahit sederhana, perlengkapan menjahit lengkap serta beberapa jenis bahan jika kamu memang gemar mendesain.

Baca Juga : Memulai Bisnis Tanpa Modal Banyak Tetapi Sangat Menghasilkan

6. Jasa Les Privat

Bagi kamu yang memiliki minat dalam dunia pendidikan, kegiatan satu ini sangat bisa dilakukan apalagi jika kamu memiliki latar belakang pendidikan pengajaran. Meski telah mendapatkan pendidikan di sekolah, namun pemantapan materi tetap diperlukan, terutama jika anak sulit berkonsentrasi saat belajar bersama kawan-kawannya.

Atau bisa saja kamu memberi les privat bahasa yang saat ini banyak dibutuhkan. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, jadikan usaha ini menjadi peluang apalagi jika yang kamu kuasai adalah bahasa yang kini banyak diminati atau dibutuhkan dunia kerja.

Misalnya saja bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea atau Perancis. Modalnya hanya kemampuan bahasamu saja, sedangkan lokasi kamu bisa memanfaatkan rumah sendiri dan white board atau black board.

Baca Juga : Beberapa Tahapan yang Harus Kamu Lakukan Saat Membangun Bisnis

7. Usaha Penjualan Online

Usaha yang satu ini sangat layak dicoba terutama bagi kamu yang memiliki jiwa dagang yang tinggi atau paling tidak memiliki minat pada dunia ini. Saat ini belanja online sangat diminati karena memudahkan pelanggan maupun penjual.

Apa saja bisa kamu jual disini. Kamu tinggal melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui barang apa yang sedang hits atau banyak diminati orang. Atau bisa jadi kamu tentukan apa jenis barang yang menarik perhatian kamu untuk kamu tawarkan pada orang lain.

Modal yang diperlukan beragam, dari mulai tanpa modal sama sekali atau modal hingga jutaan rupiah. Tentukan strategi yang baik sehingga kalau perlu kamu tidak harus perlu mengeluarkan banyak biaya namun hasil yang kamu dapatkan cukup memuaskan.

Baca Juga : 8 Tips Ampuh Memulai Bisnis Online yang Harus Kamu Tahu!

Selain 7 ide usaha yang telah dipaparkan di atas, masih banyak usaha lain yang bisa kamu coba sesuai dengan kemampuan kantong maupun passion kamu. Misalnya saja jual pulsa atau pembayaran online, membuka warung sembako, menjual camilan, bisnis tanaman, kerajinan tangan bahkan parcel.

Jadi tunggu apalagi, segera tentukan minat kamu dan mulailah berkegiatan sehingga bahkan di rumah sekalipun kamu mampu menunjang perekonomian keluarga, atau mendapatkan penghasilan tambahan sehingga kamu bisa membeli berbagai barang yang kamu inginkan.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.