kebebasan finansial

7 Indikasi Merdeka Secara Finansial

Apakah kamu pernah melihat atau mendengar orang berpunya atau orang kaya masih terus bekerja keras untuk mempertahankan kekayaan yang dimilikinya? Inilah satu gejala bahwa mereka belum mencapai apa yang disebut denga merdeka finansial.

Memang, bukan berarti bahwa merdeka finansial dapat diartikan hidup ongkang-ongkang kaki tanpa berbuat sesuatu apapun sementara penghasilan terus mengalir. Rasanya terlalu seperti mimpi jika kita harus mencapai titik itu untuk disebut sebagai orang yang merdeka secara finansial, meskipun bukan berarti tidak mungkin.

Baca Juga : Ingin Naik Gaji? Boleh Saja! Simak Strateginya Yuk!

Sebaiknya kita lebih realistis untuk mencapai cita-cita merdeka secara finansial. Lagipula rasanya juga kurang menarik atau kurang menantang hidup kita jika harus ongkang-ongkang kaki tanpa usaha bukan?

Menurut Nicky Hogan, Direktur Pengembangan dari Bursa Efek Indonesia seperti dikutip CNN Indonesia.com, yang terpenting dalam usaha pencapaian kemerdekaan finansial adalah 4 hal utama yang harus menjadi pegangan kita yaitu :

How to earn yaitu bagaimana kita memperoleh penghasilan kita yaitu dengan terus berusaha dan bekerja. Mendapatkan penghasilan yang memadai tentunya Memiliki penghasilan pas-pasan tidak lantas harus melupakan keinginan untuk merdeka secara finansial. Akan ada jalan selama kita bertindak bijak dan cerdik.

How to spend. Setelah bekerja dengan giat, kita malah terkadang menjadi kurang bijak dalam menggunakan hasil jerih payah sendiri. Menghabiskan gaji atau penghasilan kita begitu saja, menjadikan diri kita tidak adil terhadap diri kita di masa yang akan datang. Sering kita melihat gaji hanya berumur beberapa hari saja dan langsung habis untuk pembayaran tagihan dan kartu kredit.

How to save. Saat kita mampu menyisihkan penghasilan, kerapkali jumlahnya sangat minim, bahkan parahnya kita tidak mengelolanya secara maksimal. Kita menabung atau menyimpan dalam jumlah ala kadarnya serta sekenanya pada aset tidak produktif seperti misalnya tabungan, hanya mengurangi nilai kekayaan kita dari waktu ke waktu, digerogoti oleh laju inflasi yang jauh lebih tinggi.

How to invest. Beberapa dari kita tidak menyadari bahwa sebenarnya terdapat 2 sumber penghasilan yang bisa kita peroleh. Selain didapatkan dengan bekerja, penghasilan bisa diperoleh melalui investasi. Bahkan, investasi sesungguhnya merupakan sarana bagi kita untuk mengubah penghasilan pertama kita yang linear menjadi eksponensial.

Jika saving atau menyimpan merupakan penyimpanan dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan jangka pendek, maka investing atau investasi selalu ditujukan untuk jangka panjang.

Karena itu, berikut ini merupakan 7 indikasi kamu sudah berada dalam kondisi merdeka secara finansial.

1. Tidak Lagi Mengandalkan Gaji atau Penghasilan Aktif

Indikator pertama kamu merdeka secara finansial adalah memperoleh penghasilan dari investasi dan pendapatan pasif sehingga bisa dikatakan tidak lagi bergantung pada gaji atau penghasilan aktif. Satu hal yang harus kamu hilangkan dari pikiran terlebih dulu adalah : kaya dan bebas hutang merupakan ciri merdeka finansial.

Artinya kamu harus menjadi kaya raya dan bebas hutang terlebih dulu untuk disebut sebagai seseorang yang merdeka finansial. Justru kunci kemerdekaan secara finansial adalah pendapatan pasif. Kebebasan finansial baru dapat dicapai apabila pendapatan pasif kamu pada setiap bulannya sudah dapat mencukupi pengeluaran bulanan kamu.

Katakanlah pengeluaran bulanan kamu adalah 5 juta perbulan, maka kamu sudah dapat mencapai kemerdekaan finansial jika pendapatan pasifmu adalah 5 juta atau lebih.

Baca Juga : 4 Jenis Investasi Yang Sesuai Untuk Anak Muda

2. Terbebas dari Hutang Yang Besifat Konsumtif

Saat ini perekonimian terbilang cukup sulit sehingga cara kredit atau berhutang dijadikan solusi bagi kebutuhan hidup dan pengeluaran yang bersifat konsumtif. Namun sayangnya apabila tidak dimanfaatkan secara bijak maka kredit atau hutang dapat menjadi bencana keuangan.

Karena itu perlu kamu tanamkan dalam diri untuk STOP berhutang untuk hal yang bersifat konsumtif. Dapat dikatakan bahwa jika kamu  belum mampu menabung, jangan pernah berpikir untuk ambil cicilan ponsel pintar, ambil cicilan mobil baru, renovasi rumah dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah 8 Macam Kesalahan Investasi Reksadana Yang Harus Dihindari

3. Bersyukur Serta Lebih Banyak Memberi

Sejumlah perencana keuangan menyarankan kamu untuk terbiasa menabung serta berdonasi, namun kita seringkali bertanya-tanya bagaimana bisa berdonasi sementara penghasilan bulanan saja pas-pasan? Jawabnya : tentu saja bisa, asalkan tidak menjadikan minimnya pendapatan bulanan sebagai alasan.

Dalam usaha pencapaian kemerdekaan finansial, yang menjadi kunci bukanlah kata MENYISIHKAN melainkan MEMPRIORITASKAN serta mengalokasikan pendapatan untuk berbagai hal yang lebih penting.

Baca Juga : Ini Dia 8 Cara Investasi Tanah Supaya Dapat Untung Besar

4. Pensiun Kapan Saja Kamu Mau

Karena kamu merasa sudah memiliki dana pensiun yang cukup, tentu saja kamu sendirilah yang menentukan kapan kamu akan pensiun. Saat pendapat pasifmu lebih besar dari pengeluaran, maka kamu bisa mengalokasikan gaji serta kelebihan pendapatan pasif demi persiapan masa depan.

Jika saat ini kamu belum mempersiapkan dana pensiun, sebaiknya kamu mulai dari sekarang, sehingga kelak kamu tidak akan membebani anak atau keluarga di masa tuamu. Banyak program dana pensiun yang bisa kamu pilih misalnya Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Tertarik Investasi Reksadana? Inilah keuntungan Dan kerugiannya

5. Memiliki Waktu Lebih Untuk Keluarga dan Untuk Berkreasi

Jika kamu sudah berada dalam taraf bebas finansial, maka bukan waktunya lagi kamu bangun pagi pulang malam hanya untuk memperoleh gaji atau upah sehingga dapat dikatakan kamu tidak lagi menjadi budak pekerjaanmu.

Uang yang kini bekerja untukmu, sehingga kamu memiliki banyak waktu luang untuk keluarga dan melakukan hal kreatif lain yang sesuai dengan passionmu.

Baca Juga : Inilah 7 Macam Keuntungan Bila Melakukan Investasi Tanah

6. Mampu Memenuhi Kebutuhan 12 Bulan Ke Depan

Dikarenakan penghasilan pasifmu bisa memenuhi kebutuhanmu, dapat dikatakan tanpa ragu kamu berarti mampu memenuhi kebutuhan 12 bulan ke depan, atau justru malah sudah mampu mencukupi kebutuhan tersebut saat ini.

Merdeka secara finansial berarti uang akan selalu bekerja untuk memenuhi kebutuhanmu bahkan dalam jangka panjang sekalipun.

Baca Juga : Tertarik Investasi Properti? Ini 7 Macam Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan

7. Mampu Tidur Dengan Nyenyak

Pada umumnya masalah finansial membuat kita sulit untuk tidur dengan tenang karena terpikir tagihan, pekerjaan yang belum selesai atau stress. Hal ini membuktikan bahwa tidur yang nyenyak mendapatkan pengaruh dari ketenangan pikiran. Sehingga dapat dikatakan jika kamu masih merasakan sulit tidur karena memikirkan keuangan, maka kamu belum merdeka secara finansial.

Jadi ada baiknya mulai sekarang merencanakan keuangan kamu sebaik mungkin. Jangan merasa terlambat, tidak ada salahnya memulai dari sekarang.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.