Investasi jangka panjang

5 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Raya

Selagi masih mempunyai modal, pastinya kebanyakan masyarakat ingin mencoba yang namanya investasi. Terlebih investasi jangka panjang yang lebih memberikan hasil yang besar dibandingkan investasi jangka pendek.

Banyak sekali jenis investasi jangka panjang yang bisa dicoba oleh masyarakat, mulai dari investasi yang sangat simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja, hingga yang membutuhkan proses dan pastinya harus mempunyai ilmunya terlebih dahulu supaya tidak merugi.

Apa saja investasi jangka panjang yang tersedia tersebut? Langsung saja cek dibawah ini.

Baca Juga : Inilah Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

1. Emas

Pilihan investasi jangka panjang yang banyak dipilih oleh kebanyakan masyarakat yaitu emas. Bukan hal yang rahasia lagi apabila investasi jenis ini yaitu emas masih banyak diminati terutama bagi yang tidak menginginkan banyak resiko dalam berinvestasi.

Sejak dari dulu, emas sudah dijadikan lahan investasi yang lumayan menguntungkan. Kok bisa menguntungkan? Apa sih yang membuat emas itu cukup disukai dalam hal investasi? Untuk menjawabnya kamu bisa melihat dibawah ini.

Baca Juga : 8 Tips Cerdas Cara Investasi Emas Agar Menghasilkan

# Nilai emas semakin lama semakin tinggi

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa emas mempunyai nilai jual yang semakin lama semakin tinggi. Hal itu bukanlah kabar burunk saja, melainkan sudah menjadi fakta umum di masyarakat.

Buktinya kamu bisa membandingkan harga emas 10 tahun yang lalu dengan harga emas ditahun sekarang, pasti kamu akan sedikit kaget karena harganya jauh lebih mahal bahkan jika kamu membandingkannya jauh sebelumnya, sudah berkali-kali lipat harga emas menjadi naik tiap tahunnya.

Baca Juga : Hindari 7 Jenis Investasi Ini Jika Kamu Takut Akan Risiko

# Resiko yang sangat kecil

Jika kamu menginvestasikan emas, kamu sudah bisa mendapatkan investasi yang presentase resikonya sangatlah kecil. Jika dilihat dari harganya, mungkin sama sekali tidak terlalu beresiko kecuali kamu membeli bulan ini dan menjualnya bulan besok.

Karena pembahasan kali ini mengenai investasi jangka panjang, maka emas masih sangat unggul untuk direkomendasikan bagi para investor pemula. Resikonya pun mungkin apabila kamu teledor, sehingga emasmu hilang entah kemana.

Baca Juga : 7 Macam Keuntungan Investasi di Bidang Pertanian

2. Properti

Properti merupakan pilihan kedua yang cocok untuk dilakukan oleh semua masyarakat yang ingin berinvestasi tapi tidak ingin ribet melakukan hal-hal lainnya.

Banyak sekali hal yang masuk kedalam properti yang bisa dijadikan investasi, beberapa diantaranya yaitu :

Baca Juga : 8 Jenis Investasi Untuk Mahasiswa Yang Paling Tepat

# Tanah

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa tanah menjadi aset yang sangat berharga dan bernilai jual yang sangat tinggi, terutama jika dijadikan sebagai investasi jangka panjang mengingat harganya semakin lama kemungkinan besar akan semakin mahal.

Mengapa mahal? Karena seiring bertambahnya waktu, kebutuhan akan lahan untuk individu maupun kelompok pasti akan semakin bertambah dan pastinya tanah akan mengalami penurunan jumlahnya.

Semakin terbatasnya tanah yang tersedia, pastinya harga tanah akan semakin mahal apalagi jika tanah yang kamu miliki mempunyai posisi yang strategis seperti dekat jalan raya, dekat lingkungan kota, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Investasi Sejak Dini

# Apartemen

Apartemen juga masuk kedalam properti yang bisa dijadikan lahan investasi. Berbeda dengan tanah yang biasanya dibeli oleh perseorangan ataupun pemborong yang sedang mengerjakan proyek.

Investasi dalam bentuk apartemen juga cukup bagus terlebih lagi jika berada dilingkungan perkotaan yang pastinya akan semakin banyak orang kantoran yang ingin mempunyai tempat tinggal sendiri.

Baca Juga : 10 Keuntungan Besar Yang Di Dapat Dari Inveastasi

3. Obligasi Ritel Indonesia

Selain dua jenis investasi yang simpel yang sudah disebutkan diatas, ternyata masih ada investasi simpel yang bisa kamu coba terlebih lagi jika kamu menginginkan jaminan langsung dari pemerintah Indonesia.

Kamu bisa mencoba berinvestasi Obligasi ritel Indonesia atau yang sering disebut ORI. ORI ini merupakan obligasi yang langsung dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, namun untuk pemasarannya sangat bermacam-macam, mulai dari bank milik pemerintah hingga bank swasta pun juga ikut memasarkannya.

Apabila kamu berinvestasi di ORI, kamu bisa mencairkannya setelah kira-kira 3 tahun yang mana hasil akhir pencairannya tergantung dari perjanjian awal yang telah kamu buat dengan bank yang memasarkannya.

Baca Juga : 10 Macam Investasi Yang Bisa Kamu Coba untuk Menghasilkan Uang

4. Saham

Jika kamu sering membaca berita-berita yang berhubungan dengan keuangan atau perusahaan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya saham.

Saham merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk bisa mendapatkan dana yang berfungsi untuk menjalankan perusahaannya tersebut. Apabila kamu membeli saham di perusahaan, berarti kamu disebut sebagai investor.

Baca Juga : Cara Cepat Kaya Dengan Cara Menabung

Namun apabila kamu ingin ber-investasi dengan cara membeli saham, kamu harus sudah mengerti betul mengenai saham itu sendiri, jangan sampai kamu menyesal apabila membeli saham disebuah perusahaan.

Mengapa? Karena harga saham itu sangat tidak stabil alias naik turun. Jadi, kamu harus pintar dalam menganalisa dan pahami juga perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya, jangan sampai salah dan akhirnya kamu sendiri yang mengeluh.

5. Reksa Dana

Bagi kamu yang ingin mencoba melakukan investasi jangka panjang dan ingin mencoba membeli yang mempunyai resiko seperti saham yang sudah pasti banyak resikonya, namun kamu tidak tau secara jelas mengenai hal tersebut, kamu masih bisa mencobanya.

Kamu bisa membeli dari reksadana yang merupakan salah satu alternatif atau solusi bagi kamu yang ingin investasi saham tetapi tidak ingin repot. Sistem dari reksadana ini yaitu kamu menitipkan modal kepada para expert yang sudah berpengalaman dalam berinvestasi saham atau yang lainnya.

Jadi, kamu tinggal menunggu hasil dari investasi tadi dari penyedia reksa dananya.

Baca Juga : Cara Cepat Kaya Dengan Cara Menabung

Itulah artikel mengenai investasi jangka panjang yang bisa kamu coba. Semoga dapat bermanfaat dan pastinya lebih mengetahui mengenai apa saja investasinya yang beredar di masyarakat.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.