investasi reksadana

Tertarik Investasi Reksadana? Inilah keuntungan Dan kerugiannya

Jenis investasi yang sangat cocok bagi pemula yang memiliki keterbatasan dana bisa melakukan investasi reksadana. Dana yang diterima dari masyarakat ini akan dibagikan lagi menjadi beberapa bagian seperti investasi saham, obligasi maupun deposito. Selain itu, investasi ini tidak hanya dilakukan oleh satu perusahaan, namun beberapa perusahaan yang bisa ikut serta dalam pembagian investasi ini.

Jenis investasi yang satu ini bisa dibilang paling praktis karena tidak membebankan investor mengeluarkan modal yang besar. Keuntungan yang didapat pun luar biasa jika investasi tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Trik dan Tips Bagi Kamu yang Ingin Investasi Saham

Setiap berinvestasi tentunya terdapat keuntungan dan kelebihan yang bisa anda dapatkan bila melakukan investasi reksadana ini. Nah, kira-kira apa saja itu? Yuk simak macam-macam keuntungan & kerugian bila melakukan investasi reksadana berikut ini!

1. Biayanya sangat terjangkau

Investasi reksadana memang sangat cocok untuk setiap kalangan, baik muda maupun tua. Dengan mengeluarkan uang minimal rp. 10.000, anda bisa melakukan investasi yang satu ini. Tentu tidak keberatan bukan mengeluarkan uang rp. 10.000 untuk investasi yang menjanjikan.

Investasi yang satu ini masih tergolong lumayan bila dibanding investasi emas. Dengan modal yang cukup kecil keuntungan yang didapat pun melebihi nilai investasi emas. Sangat menggiurkan bukan!

Baca Juga : Tertarik Investasi Bitcoin? Inilah Resiko Dan Keuntungan Yang Harus Kamu Pahami

2. Keamanan yang tinggi

Perlu anda ketahui, investasi reksadana ini memiliki keamanan yang tinggi lho guys! Sistem investasi reksadana tidak dipegang secara langsung oleh perusahaan, namun pihak bank lah yang menyimpan rekening tersebut. Tentu hal tersebut membuat kepercayaan investor semakin tinggi dan yakin untuk melakukan investasi yang satu ini.

Dengan keamanan yang tinggi, anda jadi tidak khawatir akan uang yang diinvestasikan. Anda justru bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan bila melakukan investasi ini.

Baca Juga : 6 Kesalahan Terbesar Dalam Melakukan Investasi Emas

3. Mudah mengelolanya

Investasi reksadana dibantu oleh manajer investasi, sehingga proses yang ada di dalamnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda tidak perlu repot-repot ikut menganalisa proses yang dilakukan oleh pihak investasi tersebut. Hal ini dikarenakan pengelola investasi reksadana ditanggung oleh pihak manajer investasi.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Raya

4. Transparan

Anda tidak perlu khawatir apakah terkena tipu atau tidak dalam melakukan investasi reksadana ini. Karena anda bisa mengeceknya secara langsung melalui hp anda secara online. Anda bisa mengetahui berapa keuntungan yang didapat, resiko yang terjadi dan lain sebagainya.

Pihak investasi akan memberikan laporan keuangan sebagai bukti secara teratur kepada pihak investor. Tentu investasi reksadana ini benar-benar meyakinkan anda akan hasil yang didapatkan nantinya bila melakukan investasi ini.

Baca Juga : Inilah Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

5. Resiko bisa dikurangi

Kelebihan lain yang bisa anda dapatkan adalah resiko dalam berinvestasi reksadana bisa dikurangi. Reksadana bisa diinvestasikan ke dalam saham sebanyak mungkin, namun anda bisa mengurangi secara otomatis terserah anda untuk tidak bergantung terhadap satu investasi saja.

Seperti contoh anda melakukan investasi terhadap 50 perusahaan dan 10 lainnya mengalami resiko. Anda tidak perlu khawatir kemungkinan sebagian lebih perusahaan mengalami kenaikan yang cukup menguntungkan.

Baca Juga : Hindari 7 Jenis Investasi Ini Jika Kamu Takut Akan Risiko

6. Tidak stabil

Setiap berinvestasi pastinya akan mengalami keuntungan maupun kerugian. Kerugian yang bisa didapat oleh anda bila kondisi perusahaan yang anda investasikan tidak stabil, kadang mengalami kenaikan, sedang, maupun penurunan.

Seperti contoh reksadana saham yang nilainya kadang naik dan kadang turun. Sehingga keuntungan yang bisa anda dapatkan pun akan naik turun sesuai kondisi perusahaan. Tidak ada jaminan bahwa harga akan selalu mengalami kenaikan setiap waktu.

Baca Juga : 8 Jenis Investasi Untuk Mahasiswa Yang Paling Tepat

7. Biaya investasi

Biaya tentunya sangat diperlukan dalam investasi reksadana ini. Beragam biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar manajer investasi, biaya untuk penyimpanan dan lain sebagainya. Selain itu, tingkat biaya pun bisa dikurangi bila anda melakukannya secara online. Hal tersebut bisa dikurangi secara signifikan oleh pihak investasi.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Investasi Sejak Dini

8. Manajer investasi kurang handal

Kerugian akan anda dapatkan bila pengelola investasi reksadana ini kurang handal. Tentu hal tersebut dapat membuat perkembangan investasi reksadana tersebut menjadi terhambat. Untuk itu, carilah manajer investasi yang terbaik supaya anda tidak mengalami kerugian dalam berinvestasi.

Seperti halnya anda membutuhkan seorang pemimpin, tentu yang menjadi kandidat adalah seseorang yang benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan. Orang yang memiliki jiwa kepemimpinan tentu memiliki beberapa kriteria seperti dapat mengatur anggotanya, tegas dan lain sebagainya. Bila pemimpin tersebut mampu melakukan tugasnya, maka anggotanya pun bahagia.

Baca Juga : 10 Keuntungan Besar Yang Di Dapat Dari Inveastasi

9. Waktu pencairan

Investasi reksadana memiliki waktu pencairan dana yang berbeda dengan tabungan. Bila anda menabung, anda bisa mengambilnya setiap saat. Untuk pencairan reksadana membutuhkan waktu 3 sampai dengan 4 hari sejak perintah diberikan hingga dana masuk ke rekening investor.

Jadikan investasi reksadana ini sebagai penghasilan tambahan. Bila uang anda habis, anda tidak perlu kerepotan mengambil uang dari investasi yang telah anda jalankan. Jadi harus berhati-hati ya guys dalam memakai uang.

Baca Juga : 10 Macam Investasi Yang Bisa Kamu Coba untuk Menghasilkan Uang

10. Reksadana ditutup

Investasi reksadana bisa saja ditutup secara tiba-tiba bila jumlah dana yang dikelolanya anjlok dibawah nilai minimum. Hal ini akan merugikan pihan investasi dan juga para investor. Namun resiko yang satu ini sagatlah kecil, jadi anda tidak perlu khawatir bila hal ini akan terjadi.

Baca Juga : 8 Tips Cerdas Cara Investasi Emas Agar Menghasilkan

Nah, itulah macam-macam keuntungan & kerugian bila melakukan investasi reksadana. Tentu anda harus memperhatikan keuntungan maupun kerugian yang bisa anda dapatkan bila melakukan investasi yang satu ini.

Jika anda sudah benar-benar paham dan yakin akan berinvestasi reksadana, maka lakukanlah. Dengan modal yang sangat kecil anda bisa berinvestasi. Tunggu apalagi guys!

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.