investasi untuk mahasiswa

8 Jenis Investasi Untuk Mahasiswa Yang Paling Tepat

Investasi merupakan tabungan yang akan dipetik di kemudian hari. Kebiasaan investasi ini hendaknya dilakukan sejak masih muda. Pada saat menjadi mahasiswa atau pelajar ada baiknya seseorang sudah melatih diri untuk berinvestasi. Apalagi jika menjadi mahasiswa yang sudah bekerja. Alangkah baiknya jika menyisihkan sebagian uang untuk investasi.

Baca Juga : 10 Macam Investasi Yang Bisa Kamu Coba untuk Menghasilkan Uang

Tips Mudah Investasi di Usia Muda

Hasil dari investasi akan dinikmati dikemudian hari. Karena investasi merupakan tabungan jangka panjang yang sangat menjanjikan. Terlebih kebutuhan dimasa akan datang semakin meningkat. Harga kebutuhan pun semakin mahal. Adapun jenis-jenis pilihan investasi yang paling tepat untuk mahasiswa yaitu:

1. Menabung

Investasi tidak harus dalam jumlah besar. Sebagai seorang mahasiswa bisa melakukan investasi kecil-kecilan. Investasi tersebut berupa kegiatan menabung. Baik berupa menyisihkan uang saku ataupun menyisihkan gaji jika telah bekerja. Dengan melatih diri untuk menabung, maka seorang mahasiswa akan terbiasa dengan pola hidup berinvestasi.

Menabung bisa dilakukan di bank, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak hanya di bank, menabung juga bisa dilakukan di koperasi. Dengan menabung sedikit demi sedikit, kelak akan mendapatkan uang yang cukup banyak ketika sudah lama menabung. Oleh karena itu, hendaknya mahasiswa membiasakan diri untuk menabung.

Bac Juga : Cara Cepat Kaya Dengan Cara Menabung

2. Investasi Emas

Harga emas semakin hari semakin naik. Investasi dengan emas tidak harus banyak berupa emas batangan. Akan tetapi bisa dengan membeli beberapa gram. Misalnya, satu bulan membeli emas 1 gram lalu disimpan. Maka setelah lulus kuliah seorang mahasiswa bisa mempunyai emas 48 gram. Jika harga emas Rp. 300.000, maka akan dapat uang sebesar Rp. 14.000.000.

Emas merupakan barang yang paling mudah untuk dijual. Karena emas tergolong perhiasan yang nilainya cukup mahal. Disamping itu emas banyak diminati dikalangan masyarakat.

Baca Juga : 8 Tips Cerdas Cara Investasi Emas Agar Menghasilkan

3. Raksadana

Di zaman yang serba maju ini, banyak sekali orang yang melirik jasa investasi. Raksadana adalah salah satunya. Modal awal untuk investasi di tempat ini hanya bermula Rp. 100.000 saja. Jumlah yang kecil dan pas di saku mahasiswa. Jika Anda sudah memberikan uang tersebut, maka Raksadana akan mengelola sehingga uang kamu dapat bernilai lebih.

Selain modal yang kecil, Raksadana menawarkan banyak sekali keuntungan. Dintaranya yaitu, mengumpulkan uang dari investor-investor lalu dijadikan satu untuk modal bersama. Sebagai seorang mahasiswa sangatlah mudah untuk melakukan investasi ini. Tidak perlu bekerja, tapi tinggal menunggu hasil saja.

Bac Juga : 10 Keuntungan Besar Yang Di Dapat Dari Inveastasi

4. Deposito

Jika seorang mahasiswa punya uang lebih, tidak ada salahnya dia melakukan deposito. Deposito merupakan tabungan di bank yang penarikannya di waktu tertentu saja. Masa penarikan deposito bisa bertahun tahun. Ada yang 1 tahun, 2 tahun, bahkan sampai 10 tahun. Dengan memilih deposito sebagai program investasi, maka mahasiswa akan hidup lebih hemat.

Dengan deposito mahasiswa tidak bisa menarik uang seseuai keinginannya. Ini merupakan hal positif, karena Anda bisa mengatur keuangan untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan di kemudian hari. Baik kebutuhan hidup ataupun kehidupan kuliah untuk jenjang berikutnya. Dengan kata lain, adanya deposito membuat hidup dan keuangan mahasiswa lebih tertata.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Investasi Sejak Dini

5. Saham

Saham merupan jenis investasi berikutnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Akan tetapi kebanyakan saham akan membutuhkan modal besar untuk ikut di dalamnya. Ini akan sulit bagi kalangan mahasiswa belum bekerja. Oleh karena itu, jenis investasi ini kurang banyak peminatnya di kalangan mahasiswa. Saham merupakan investasi yang cukup beresiko.

Resiko dan kentungan pada investasi ini berimbang. Dalam arti lain seorang mahasiswa bisa memperoleh untung dan dapat merugi dengan cepat. Akan tetapi, sekarang sudah banyak orang yang menawarkan saham dalam modal kecil. Mulai dari Rp.500.000 sampai Rp.2.000.000 saja. Dengan adanya saham kecil ini, tentunya akan menambah minat para mahasiswa untuk berinvestasi saham.

6. Obligasi

Memberi hutang untuk modal usaha merupakan hal yang positif yang nanti keuntungannya bisa dinikmati. Tidak ada salahnya seorang mahasiswa melakukan investasi berupa obligasi. Disini investor memberikan dana kepada sebuah instansi pemerintahan ataupun perusahaan. Obligasi di indonesia ada beberapa jenis. Diantaranya yaitu, obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel.

Intinya obligasi adalah mahasiswa yang berinvestasi berbentuk obligasi meminjamkan uang kepada pemerintah. Kemudian pemerintah mengolahnya untuk hal lainya, bisa jadi usaha, bank, dan lainnya. Namun di kemudian hari akan dikembalikan uang tersebut dengan jumlah yang sama. Akan tetapi, disertai dengan bunga hutang tersebut.

7. Peer to Peer

Dengan modal Rp.100.000 saja seorang mahasiswa sudah bisa ikut investasi ini. Jumlah yang cukup sedikit untuk melakukan investasi. Di dalam investasi ini, seorang mahasiswa diminta menginvestasikan uang kepada pelaku bisnis atau masyarakat. Kemudian uang tersebut dijadikan modal awal pelaku bisnis untuk memulai usahanya.

Jika dalam usaha tersebut mendapat keuntungan, tentunya mahasiswa tersebut dapat bagian sesuai dengan perjanjian awal. Hal menarik lainnya dari investasi ini adalah, hasil dari investasi lebih besar daripada deposito. Oleh karena itu, banyak peminatnya.

8. Logam Mulia

Seorang mahasiswa akan berfikir harga mahal jika mendengar kata “logam mulia”. Akan tetapi tidak terasa mahal jika dibeli secara iuran. Jadi investasi ini dilaukan tidak oleh seorang mahasiswa, akan tetapi beberapa mahasiswa dengan mengumpulkan uang dan membeli logam mulia bersama. Dengan kata lain, harga tersebut akan terasa murah jika ditanggung sama-sama.

Investasi selayaknya dilakukan oleh kaum muda mulai saat ini. Investasi bisa dilakukan dalam bentuk apapun. Baik berupa uang ataupun berupa barang. Jadi jika menjadi pelajar atau mahasiswa, hendaknya mulai sekarang melatih diri untuk berinvestasi. Agar kelak memetik hasil yang memuaskan.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.