jenis investasi

4 Jenis Investasi Yang Sesuai Untuk Anak Muda

Kaum milenial dan generasi Z (iGen) pada umumnya beranggapan bahwa investasi hanya berlaku bagi kamu yang sudah mapan. Belum banyak anak muda yang berani terjun di dalam dunia investasi.

Banyaknya isu terkait keberadaan investasi bodong atau palsu membuat mereka makin khawatir dan ragu untuk ber-investasi. Padahal investasi sangat penting dan akan lebih baik apabila mulai dilakukan pada usia masih sangat muda.

Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan terkait dunia investasi asalkan kamu mampu memilih jenis investasi yang tepat dan tentunya terpercaya, karena saat ini sudah sangat banyak investasi yang sesuai untuk kamu milenial atau bahkan generasi Z.

Baca Juga : Tertarik Investasi Reksadana? Inilah keuntungan Dan kerugiannya

Pengertian Investasi

Investasi merupakan sebuah istilah yang memiliki beberapa pengertian yang berkaitan dengan keuangan atau ekonomi. Kegiatan ini juga bisa disebut sebagai kegiatan penanaman modal.

Investasi terkait erat dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan sebuah harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Pihak atau seseorang yang berinvestasi disebut dengan investor.

Dalam buku ‘Pengantar Pengetahuan Pasar Modal’, sang penulis Sunariya menyatakan bahwa pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki, yang biasanya memiliki jangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Kegiatan investasi selain memberikan peluang menambah penghasilan seseorang, kegiatan ini juga membawa resiko keuangan apabila investasi tersebut gagal. Kegagalan sebuah investasi disebabkan banyak alasan, seperti misalnya bencana alam, ketertiban umum maupun faktor manusia.

Jenis Investasi Yang Sesuai Bagi Anak Muda

1. Properti

Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi properti berupa rumah atau tanah merupakan bentuk investasi paling aman dengan resiko minimal dengan keuntungan yang hampir selalu dapat dipastikan.

Meskipun memerlukan modal yang bisa dibilang tidak sedikit, namun melihat keamanan dan kepastian keuntungan yang dihasilkan rasanya investasi yang satu ini merupakan satu jenis yang patut dilirik.

Harga rumah atau tanah dapat dipastikan akan mengalami peningkatan setiap saat, sehingga kamu tentunya akan mendapatkan keuntungan besar setiap tahunnya. Investasi properi tidak hanya akan berguna pada saat usia kamu masih muda tetapi juga saat pensiun.

Penghasilan yang akan kamu dapat dari investasi ini cukup stabil seperti misalnya menyewakan rumah, kios/rukan maupun apartement. Hal terpenting yang harus kamu pertimbangkan jika akan mengambil jenis investasi ini adalah lokasi serta pihak pengembang untuk meminimalisir resiko.

Baca Juga : Tertarik Investasi Properti? Ini 7 Macam Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan

2. Emas

Selain properti, jenis investasi satu ini juga dapat dipastikan membuahkan keuntungan pada setiap waktunya asalkan kamu selalu mencermati perkembangan jual beli emas.

Investasi dalam bentuk emas mampu menjadi salah satu cara agar kekayaanmu tetap sehat serta makin berkembang pada masa mendatang. Investasi jenis ini merupakan jenis investasi jangka pendek yang bisa dicairkan pada saat kamu tengah memerlukan uang mendadak.

Selain kamu bisa membelinya dalam bentuk koin atau batangan, emas juga dapat kamu gunakan sebagai perhiasan. Selain itu investasi emas merupakan cara investasi mudah tanpa perantara resmi.

Berbeda dengan investasi properti, investasi jenis ini juga sesuai dengan kamu yang memiliki keuangan terbatas. Kamu bisa membeli emas dalam bentuk batangan maupun koin seberat 5 sampai 25 gram sesuai dengan kondisi keuangan kamu.

Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah kamu sebaiknya membeli emas ditempat yang terpercaya, misalnya saja lembaga yang dipercaya oleh pemerintah, sehingga dapat mengurangi resiko penipuan.

Baca Juga : 6 Kesalahan Terbesar Dalam Melakukan Investasi Emas

3. Reksadana

Jenis investasi ini sangat sesuai bagi pemula pada bidang investasi dan menjadi pilihan yang paling tepat bagi kamu yang memiliki modal yang terbatas. Bisa dikatakan, hanya dengan modal 100 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa berinvestasi.

Yang membuatnya menarik adalah tingkat pengembaliannya yang mencapai 20 persen. Investasi ini kerap menjadi pilihan dikarenakan memiliki jangka waktu pendek, menjadikannya sesuai bagi kamu yang sering memerlukan dana dadakan.

Investasi reksadana juga memungkinkan kamu dibantu oleh seorang manajer investasi, bahkan dapat memilih manajer investasi terpercaya dengan produk yang relatif aman untuk kamu menyimpan uang disana.

Bahkan dengan kemajuan internet dan teknologi, saat ini kamu juga dapat membeli reksadana secara daring atau online. Beberapa reksadana online juga menyediakan modul pembelajaran yang akan memberikan bantuan.

Baca Juga : Inilah 8 Macam Kesalahan Investasi Reksadana Yang Harus Dihindari

4. Deposito

Pilihan selanjutnya adalah deposito yang merupakan jenis investasi yang menjamin pengembalian hasil lebih tinggi daripada tabungan. Deposito tidak memerlukan pengetahuan lebih terkait investasi serta memiliki resiko yang relative rendah.

Keuntungan yang dihasilkan dari jenis investasi ini adalah sekitar 7% hingga 8% pertahunnya, tergantung dari jumlah uang simpanan serta durasi penyimpanannya. Semakin besar uang yang kamu simpan, maka akan semakin tinggi bunga per tahunnya.

Baca Juga : Ini Dia 8 Cara Investasi Tanah Supaya Dapat Untung Besar

Yang penting kamu perhatikan dalam berinvestasi adalah kamu harus sudah menentukan tujuan investasi, memilih dan menatapkan jenis investasi yang sesuai dengan kamu, tentunya dengan memikirkan resikonya juga serta dana yang kamu miliki, jangan menunda jika memang serius ingin berinvestasi serta harus konsisten dan berkomitmen dengan pilihan kamu.

Dengan demikian, sudah saatnya kamu memikirkan investasi apa yang sesuai, selain untuk tambahan uang juga melatih diri kamu untuk memiliki investasi yang lebih kuat dan besar pada saat usiamu lebih dewasa

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.