kekurangan investasi tanah

Tertarik Investasi Tanah? Ini Kekurangan Yang Harus Kamu Tahu!

Bermacam-macam jenis investasi yang ada di indonesia saat ini. Mulai dari investasi tanah, reksadana, emas, saham dan masih banyak jenis investasi lainnya. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai investasi tanah. Sejak dari dulu, investasi tanah selalu mengalami perkembangan. Lama-kelamaan tanah akan dibutuhkan oleh masyarakat untuk membangun sesuatu agar bisa mendapatkan keuntungan.

Jenis investasi ini menjadi salah satu alternatif untuk keperluan masa depan agar kita bisa menyimpan harta benda dan mendapatkan keuntungan. Kebanyakan orang yang melakukan investasi tanah akan berbuah manis di masa depannya. Mereka memiliki harta kekayaan yang berlimpah dikarenakan mampu menghasilkan uang dari investasi tanah.

Baca Juga : Tertarik Investasi Properti? Ini 7 Macam Keuntungan Yang Bisa Anda Dapatkan

Dalam melakukan investasi tanah, anda perlu yang namanya modal untuk memulainya. Modal yang harus dikeluarkan pun bukan sembarangan, jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, tentu modal yang besar juga harus anda keluarkan untuk memulai investasi tanah.

Untuk anda yang berminat untuk melakukan investasi tanah. Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang ada di dalamnya. Jangan hanya memandang keuntungannya saja yang bisa di dapat, anda harus memperhatikan juga kekurangan dari investasi yang satu ini. Berikut adalah 6 macam kekurangan bila melakukan investasi tanah yang harus kamu tahu!

1. Membutuhkan modal yang besar

Kekurangan yang pertama di dalam investasi tanah ini adalah modal yang besar. Modal yang besar ternyata hasilnya pun cukup besar bila anda melakukan investasi tanah. Namun keterbatasan modal membuat banyak orang sulit untuk membangun investasi yang satu ini. Sehingga mereka lebih memilih untuk berinvestasi di bidang yang lain.

Ternyata eh ternyata, terdapat solusi yang bisa dilakukan anda untuk mendapatkan modal yang besar. Anda bisa meminjam modal tersebut kepada pihak bank. Namun terdapat persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum meminjam modal ke bank. Bila anda sudah memiliki modal minimal 25% dari total modal yang akan dikeluarkan, pihak bank dapat memberikan sisa pinjaman tersebut kepada anda.

Meski begitu, hal ini bisa berakibat fatal jika anda gagal dalam melakukan investasi tanah tersebut. Bila hal itu terjadi, kerugian berlipat ganda akan menimpa kepada anda.

Baca Juga : Inilah 6 Macam Investasi Properti Yang Bisa Membuat Kamu Untung Besar!

2. Likuiditas sulit

Investasi tanah memang memberikan keuntungan yang sangat besr dibanding investasi yang lainnya. Akan tetapi, investasi tanah juga memiliki kekurangan dalam proses pencairannya. Melihat harga tanah yang sangat tinggi menjadikan faktor yang sulit dalam proses penjualannya. Sehingga harus membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan dari investasi tanah.

Baca Juga : Inilah 5 Rahasia Dan Fakta Investasi Properti Yang Jarang Diketahui!

3. Pemasukan agak sulit

Anda tidak akan mendapatkan pemasukan apa-apa bila tanah milik anda tidak dimanfaatkan dengan baik. Bila anda menyewakan tanah kosong milik anda, pemasukan yang didapatkan pun hanya kadang-kadang saja. Tidak setiap hari penyewa akan datang menyewa tanah kosong milik anda.

Nah, bagaimana agar bisa menghasilkan keuntungan? Anda bisa membangun sebuah properti di tanah milik anda. Seperti halnya anda membangun sebuah tempat kost, anda akan mendapatkan uang setiap bulannya dari penghasilan sewa kost tersebut.

Namun anda harus memikirkan lokasinya juga, bilamana lokasi tanah milik anda berada di pedesaan tidaklah cocok untuk membangun sebuah kost. Anda bisa mencari alternatif lain seperti membangun perumahan. Tapi ingat, semua itu memerlukan modal yang besar. Bila sudah memiliki modal, maka jangan ragu untuk memulai bisnis anda.

Baca Juga : Mau Investasi Properti? Ini Dia 7 Kelemahannya

4. Menguras kantong jika dibiarkan saja

Apasih yang bisa menguras kantong anda jika tanah milik anda dibiarkan saja? Bila anda memiliki sebuah tanah yang kosong, segeralah lakukan hal yang bisa membuat anda untung. Uang anda akan semakin berkurang untuk biaya pajak, apalagi anda sampai lupa membayar pajak, tentu semakin besar biaya pula yang harus dikeluarkan.

Dengan menjual tanah kosong milik anda tentu akan lebih baik. Atau bisa juga digunakan untuk keperluan lain yang bisa menghasilkan uang. Dengan begitu, uang anda tidak akan terkuras sia-sia karena tanah tersebut dibiarkan saja.

Baca Juga : 8 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Investasi Properti

5. Memiliki daya jual tergantung lokasi

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan dari investasi tanah. Seperti halnya tanah milik anda sering rawan banjir, tentu harga yang didapatkan akan lebih murah. Berbeda jika lokasinya strategis, tentu nilai jual tanah tersebut memiliki harga yang tinggi.

Hal ini sering terjadi dikarenakan kurang jeli dalam membaca lokasi. Padahal lokasi adalah faktor yang paling penting di dalam berinvestasi tanah karena menentukan nilai capital gain.

Baca Juga : Trik dan Tips Bagi Kamu yang Ingin Investasi Saham

6. Jangka waktu yang lama

Kekurangan yang terakhir adalah jangka waktu yang lama membuat anda harus bersabar untuk menghasilkan keuntungan dari investasi tanah. Bila modal yang anda gunakan meminjam, anda harus berhati-hati karena resikonya bisa berakibat fatal. Masa waktu hutang anda akan terpotong dengan menunggunya hasil investasi tanah yang anda lakukan.

Baca Juga : 6 Kesalahan Terbesar Dalam Melakukan Investasi Emas

Itulah 6 macam kekurangan bila melakukan investasi tanah yang harus kamu tahu! Melakukan investasi tanah ini tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus mengetahui secara jeli faktor-faktor yang ada di dalamnya untuk melakukan investasi tanah. Seperti modal yang harus dikeluarkan, lokasinya bagaimana dan lain-lain.

Ketika anda sudah memahami faktor yang ada di dalamnya. Barulah anda memulai melakukan investasi tanah. Dengan bekerja keras dan keyakinan yang tinggi, tentu anda bisa melewati segala hambatan dan rintangan yang ada di depan anda. Selain itu, anda juga harus tahan terhadap kegagalan, karena berkat kegagalan itulah anda bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.