kesalahan investasi reksadana

Inilah 8 Macam Kesalahan Investasi Reksadana Yang Harus Dihindari

Anda bingung mau investasi apa? Investasi reksadana sangat cocok bagi anda terutama para pemula untuk menambah penghasilan tambahan. Dengan melakukan investasi reksadana, tentu anda akan mendapat keuntungan yang lumayan besar. Untuk biaya modal yang harus dikeluarkan pun tidak terlalu besar lho guys!

Bila dibanding investasi lain, investasi reksadana memiliki nilai positif yang tinggi. Investasi reksadana sangat cocok untuk para pemula yang ingin belajar bagaimana cara berinvestasi. Sistem didalamnya pun memiliki keamanan yang tinggi serta aman untuk dilakukan. Investasi ini menjadikan pembelajaran supaya bisa lebih baik ketika akan melakukan investasi yang lebih besar nantinya.

Baca Juga : Hindari 7 Jenis Investasi Ini Jika Kamu Takut Akan Risiko

Untuk mencapai keberhasilan, pastinya tidak langsung spontan. Anda harus tahu dulu faktor-faktor yang ada di dalamnya. Sebelum melakukan investasi reksadana, anda mengetahui beberapa kesalahan yang harus dihindari. Apa saja itu? Yuk simak 8 macam kesalahan yang harus dihindari bila melakukan investasi reksadana berikut ini!

1. Kurangnya informasi

Anda melakukan investasi reksadana, berarti anda harus tahu segala informasi yang ada di dalamnya. Jika kurang tahu, maka tanyakanlah seputar investasi yang sedang anda jalankan. Beberapa hal yang dapat anda cari tahu seperti bentuk reksadananya seperti apa, biaya yang harus dikeluarkan, dan lain sebagainya.

Anda jangan hanya percaya terhadap omongan orang lain, bila anda hanya mendengarkan saja tanpa mencari tahu sendiri tentu ini akan merugikan anda. Maka dari itu, jangan malas-malas untuk mencari tahu informasi ya guys!

Baca Juga : Inilah Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

2. Tidak menentukan tujuan yang akan dicapai

Kesalahan yang harus dihindari berikutnya adalah tidak menentukan tujuan yang akan dicapai dalam melakukan investasi reksadana. Kamu harus memiliki tujuan terlebih dahulu apa yang harus dicapai sebelum melakukan investasi reksadana ini. Bila anda mempunyai tujuan, tentu anda akan berinvestasi secara rutin dan disiplin.

Seperti halnya anda akan membangun sebuah rumah kedepannya dengan berinvestasi. Hal tersebut akan membuat semangat anda semakin tinggi untuk melakukan investasi. Bila anda rajin dan disiplin, tentu hasil yang akan dicapai berbuah manis nantinya.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Raya

3. Kurang sabar

Seperti halnya sebuah keberhasilan pastinya membutuhkan proses. Begitu juga dengan melakukan investasi reksadana, anda harus bersabar untuk menikmati hasil yang akan didapatkan nantinya. Kebiasaan inilah yang membuat para investor gagal membentuk sebuah usaha karena ketakutan akan kegagalan.

Pastinya sebuah investasi akan mengalami kenaikan maupun penurunan. Bila terjadi penurunan, itupun tidak akan berjalan lama. Jadi anda tidak perlu menghawatirkan masalah ini bila yang menjalankan sudah profesional atau berpengalaman.

Baca Juga : 6 Kesalahan Terbesar Dalam Melakukan Investasi Emas

4. Mengabaikan resiko yang akan terjadi

Bila anda mendapatkan keuntungan yang besar ketika melakukan investasi reksadana. Hal tersebut belum tentu tidak beresiko. Setiap investasi hampir memiliki resiko di dalamnya. Sepertihalnya bila dijadikan sebagai reksdana saham, kerugian yang akan didapatkan pun hampir sama dengan investasi saham.

Baca Juga : Tertarik Investasi Bitcoin? Inilah Resiko Dan Keuntungan Yang Harus Kamu Pahami

5. Tidak diversivikasi

Kesalahan yang harus anda hindari lainnya juga adalah tidak diversivikasinya investasi reksadana yang anda lakukan. Jangan melakukan investasi di satu reksadana saja, anda juga mengalokasikan ke beragam reksadana lainnya. Hal tersebut guna mencegah agar investasi reksadana anda tetap aman.

Seperti halnya anda jangan melakukan investasi di reksadana saham saja, anda juga harus menginvestasikan ke reksadana lainnya seperti pasar uang dan lain-lain. Dengan begitu, resiko yang terjadi akan lebih minim.

Baca Juga : Trik dan Tips Bagi Kamu yang Ingin Investasi Saham

6. Memulai terlalu lama

Jika anda sudah ingin berinvestasi, maka segera lakukanlah. Jangan menunda-nunda hal positif yang akan anda lakukan. Memang, kebanyakan orang lebih memilih untuk menabung dibanding berinvestasi. Hal tersebut biasanya karena banyak yang menipu sehingga hal tersebut takut terjadi kepada anda.

Bila anda melakukan investasi reksadana, anda tidak perlu khawatir akan penipuan. Invesatsi reksadana memiliki keamanan yang tinggi karena diawasi oleh otoritas jasa keuangan. Untuk memulai investasi yang satu ini anda juga tidak perlu menghawatirkan modal yang harus dikeluarkan. Modal yang sangat minim bisa membuat anda tahu cara berinvestasi dan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Baca Juga : Ini Dia 8 Cara Investasi Tanah Supaya Dapat Untung Besar

7. Tidak melakukan investasi reksadana secara online

Sekarang sudah jaman yang canggih, apapun bisa dilakukan secara online. Sehingga hal yang dilakukan orang-orang akan ribet dan kurang praktis. Berbeda jika dilakukan secara online, tentu proses yang dilakukan akan lebih mudah karena tanpa harus pergi ke kantor.

Nah, cara inilah yang harus dikembangkan di jaman sekarang. Akan tetapi, kini masih banyak orang yang belum tahu akan bagaimana pemakaiannya bila dilakuakan secara online. Hal tersebutlah yang membuat orang-orang lebih memilih untuk datang ke tempat langsung dengan pengetahuan yang pasti.

Baca Juga : Tertarik Investasi Reksadana? Inilah keuntungan Dan kerugiannya

8. Melihat kinerja yang ada di dalamnya dalam jangka pendek

Sebelum melakukan investasi reksadana, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa reksadana yang terbaik untuk anda pilih. Hal yang harus dilakukan adalah melihat hasil rating reksadana. Dengan begitu, anda akan memahami dan tahu bagaimana sistem yang ada di dalamnya.

Dengan begitu, anda bisa langsung memulainya untuk melakukan investasi reksadana. Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar jika pilihan anda tepat dalam meilih investasi tersebut.

Baca Juga : Inilah 7 Macam Keuntungan Bila Melakukan Investasi Tanah

Nah, itulah 8 macam kesalahan yang harus dihindari bila melakukan investasi reksadana.

Bila anda sudah mengetahui secara mendalam faktor-faktor yang harus anda hindari dari investai reksadana ini, maka jangan ragu untuk memulainya. Anda pun harus melakukannya dengan sungguh-sungguh supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika tidak, tentu kerugian akan menimpa anda karena kelengahan anda sendiri dalam melakukan investasi.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.