6 Hal Terkait Keuangan Yang Ternyata Hanya Mitos

Dari berbagai permasalahan kehidupan, ternyata dalam konsep keuangan juga terdapat beberapa prinsip yang dipercaya banyak orang tetapi sebenaranya cukup meragukan kebenarannya.

Kamu mungkin pernah mendengar pendapat yang mengatakan bahwa sebaiknya kamu berbelanja hanya pada saat sale sehingga menghemat pengeluaran, atau bank merupakan tempat terbaik untuk menyimpan uang.

Karena itu, beberapa pertimbangan harus kamu ambil sebelum mempercayai beberapa hal berikut ini. Berikut adalah 6 hal terkait prinsip dan konsep keuangan yang ternyata hanya mitos.

Baca Juga : 9 Macam Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Terbaik

1. Berbelanjalah Pada Saat Terdapat Sale

5 Jenis Pinjaman Uang Tanpa Bunga

Berbelanja banyak pada saat terdapat sale sangat menguntungkan dan membantumu lebih hemat? Coba pikirkan kembali. Perlu kamu pertimbangkan kembali hal ini karena sifatnya cukup tricky ya.

Kerapkali harga yang ditawarkan sebenarnya tidak semurah yang kamu bayangkan, bahkan harga telah dinaikkan terlebih dahulu sebelum kemudian diberlakukan potongan harga, alias merupakan salah satu strategi marketing.

Belum lagi jika kamu merasa banyak barang yang menawarkan harga sale dan kamu lupa diri dalam berbelanja sehingga bukan hanya membeli banyak barang saja tetapi juga tergiur membeli barang yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar belanja kamu.

Baca Juga : 6 Aplikasi Pinjaman Uang Online Yang Terpercaya

2. Tempat Menyimpan Uang Terbaik Adalah Bank

Menyimpang uang kamu di bank tentunya tidak salah. Selain tentunya lebih aman, kamu juga akan mendapat bunga tabungan, mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi finansial, dan nyaman saat harus melakukan transaksi keuangan dalam jumlah besar, Namun jika kamu berpikir bank merupakan satu-satunya tempat terbaik untuk menyimpan uangmu, itu juga kurang tepat.

Selain kamu akan dikenai biaya administrasi setiap bulan, kamu juga akan menemukan bahwa bunga yang diterapkan bank terbilang kecil serta tetap memiliki limit transaksi. Selain itu, Elle Kaplan selaku CEO Lexion Capital Management sempat mengungkapkan bahwa rekening tabungan layaknya matras tidur yang semakin lama semakin tidak empuk, dimana uangmu akan terus berkurang jika didiamkan, Seiring waktu uangmu akan berkurang karena suku bunga yang rendah dan tidak mampu mengejar laju inflasi.

Baca Juga : Menabung Uang di Bank, Inilah Beberpa Plus Minusnya

3. Membayar Tunai Lebih Untung

Aplikasi Pinjaman Online

Beberapa orang berpendapat bahwa jika kamu membayar menggunakan uang tunai, maka kamu akan diuntungkan, karena dengan demikian kamu lebih bisa mengontrol keuangan dan menahan keinginan untuk membeli. Hal ini juga tidak sepenuhnya benar.

Dengan kontrol penuh tetap di tangan kamu, maka kamu masih aman dan boleh-boleh saja memanfaatkan kartu debit, kartu kredit atau uang elektronik karena terdapat manfaat redeem poin, potongan harga pada merchant-merchant tertentu, dan juga cashback nya membantumu untuk hemat.

Sekali lagi asalkan kamu tetap memegang kontrol penuh ya dan jangan lupa untuk membayar tagihannya untuk penggunaan kartu kredit.

4. Rumah Merupakan Bentuk Investasi Terbaik

keuntungan investasi properti

Tentu banyak diantara kamu yang mendengar mengenai hal ini bukan? Dan dewasa ini generasi muda juga sudah banyak yang mulai membeli atau mencicilnya demi alasan investasi.

Lagi-lagi, ini bukan hal yang salah, hanya saja tentunya plus minusnya tetap harus menjadi pertimbangan kamu. Brian Antenucci selaku penasehat investasi mengatakan bahwa jika terdapat krisis keuangan, maka nilai hunian dapat terfluktuasi secara dramatis.

Apalagi jika kamu membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) maka resikonya akan lebih besar pula. Sekarang ini yang perlu kamu pertimbangkan apakah kamu akan menetap pada hunian yang kamu beli untuk selamanya. Apabila tidak, maka Presiden Libertas Wealth Management Group, Inc. yaitu Adam Koos mengatakan bahwa sebaiknya kamu segera melunasi KPR kamu.

Baca Juga : 4 Jenis Investasi Yang Sesuai Untuk Anak Muda

5. Jika Tidak Membeli Barang Mewah, Itu Artinya Keuanganmu Akan Lebih Stabil

Minum coffee

Tentu saja, membeli barang yang terbilang mewah akan menguras dompetmu sehingga sudah pasti itu dapat diartikan kamu boros. Namun ternyata pengeluaran sehari-hari bisa juga ternyata membuatmu menjadi boros bahkan terkadang tidak kamu sadari.

Contohnya untuk membeli kopi setiap pagi atau beberapa produk kecantikan terbaru. Apabila satu cup kopi dihargai 40 ribu rupiah, dan kamu membelinya setiap hari, maka bahkan hanya untuk satu cup kopi saja paling tidak pengeluaran kamu sekitar 1 juta rupiah.Itu kalau kamu dalam sehari hanya membeli satu cup saja ya.

Jadi, selalu memegang kontrol penuh terhadap pengeluaran kamu untuk apa saja, dan bukan hanya untuk barang mewah

6. Investasi Pada Produk Yang Kamu Kenal Saja

Hal ini mungkin saja juga dilakukan oleh orang-orang di sekitar kamu. Mengetahui dasar investasi tentu saja menguntungkan. Tetapi ada baiknya bahwa kamu jangan serta merta berinvestasi dalam jumlah yang sedemikian besar hanya karena kamu telah mengenalnya.

Penasehat investasi, Brian Antenucci juga sempat menambahkan bahwa berinvestasi dalam jumlah yang besar hanya pada tempat atau produk yang kamu kenal baik memiliki resiko yang lebih besar, dikarenakan kamu tidak melakukan diversifikasi portfolio.

Baca Juga : Tertarik Pada Investasi Saham? Yuk, Simak Tips Jitunya Untuk Pemula!

Nah, itu tadi merupakan beberapa hal yang tampaknya banyak dilakukan orang atau dipercaya orang namun sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Tetap selalu membuka pikiran dan wawasan serta mencari tahu mengenai banyak hal sehingga segala tindakan kita khususnya disini dalam hal keuangan menjadi tepat, menguntungkan dan mengurangi atau bahkan menghindari kerugian di kemudian hari.

Jika perlu, konsultasikan segal hal keuangan pada konsultan keuangan sehingga mereka dapat memberikan solusi dan saran atas keuangan kamu.  

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.