5 Jenis Pinjaman Uang Tanpa Bunga

5 Jenis Pinjaman Uang Tanpa Bunga

Halo teman-teman semuanya, pastinya kalian pernah meminjam uang ya kan! Kebanyakan, kita meminjam uang dengan jumlah yang besar terdapat bunga di dalamnya, sehingga kalian agak minder dan bingung dikarenakan ada bunga di dalamnya.

Pencarianmu akan terbentur jika kamu mengajukan pinjaman uang pada bank atau lembaga-lembaga konvensional. Pihak tersebut mengandalkan bunga sebagai penghasilan mereka, sehingga sulit bagi Anda meminjam uang tanpa adanya bunga.


Nah, ternyata ada lho pinjaman uang tanpa disertai bunga. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman tidak diberatkan dengan bunga, maka ada beberapa opsi yang perlu Anda jalani. Berikut ini merupakan jenis pinjaman uang yang tidak ada bunganya.

1. Gunakan Sistem Syariah

Pinjaman uang tanpa bunga

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata syariah. Jenis pinjaman seperti bank syariah kita tidak dibebankan dengan adanya bunga saat membayar. Bank sariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Sistem ini juga disebut sebagai akad mudharabah dan musyarakah, murabah, salam dan istishah.

Meski begitu, Anda perlu menghitung besar cicilan dan periode pinjaman bagi hasil dari bank sudah masuk dalam cicilan bulanan tersebut. Cara ini tepat buat Anda yang mencari pinjaman uang tanpa adanya bunga.

Anda juga perlu cermat dalam menghitung antara nilai dana yang Anda dapatkan dengan dana yang harus dikembalikan. Sekarang sudah banyak lembaga keuangan syariah yang juga memberikan penawaran produk KTA syariah. Selain itu, besar dana yang dicairkan juga bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing, bahkan ada bank yang meminjamkan uang hingga ratusan juta.

Jadi, Anda harus benar-benar memanfaatkan pinjaman yang secara syariah ini sebaik mungkin. Anda harus berhati-hati dan teliti dalam pemilihan KTA syariah ini, sehingga Anda dapat memaksimalkan keuntunganyang diberikan KTA syariah tersebut dengan baik.

Berikut merupakan cara mengajukan pinjaman sistem syariah:

  • Tentukan nilai pinjaman dan siapkan rencana pelunasan : Hitunglah jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dan menyiapkan rencana pelunasan dengan alokasi cicilan yang diperlukan.
  • Pahami persyaratan dan konsekuensi pinjaman : Pahamilah persyaratan pinjaman dengan baik, mulai dari tenor pinjaman, maksimal jatuh tempo, dan semua biaya yang menyertai pinjaman. Jika perlu, mintalah simulasi perhitungan pinjaman untuk mengetahui secara jelas total biaya yang harus dibayar. Serta pahami konsekuensi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti telat membayar hingga penyitaan barang jaminan. Hal ini sangat penting dan beresiko jika Anda benar-benar ceroboh dalam meminjam uang.
  • Gunakan pinjaman dengan bijaksana : Meski Anda meminjam tanpa disertai bunga, gunakanlah dengan bijak pinjaman kalian pilih. Jangan menjadikan hutang sebagai kebiasaan apalagi untuk keperluan konsumtif.

2. Jasa Pegadaian

Jasa Pegadaian

Selain menggunakan sistem syariah, pemberi pinjaman tanpa bunga lainnya adalah menggunakann jasa PT Pegadaian. Perusahaan yang satu ini merupakan institusi gadai yang paling dikenal. Pegadaian dapat Anda gunakan sebagai tempat Anda meminjam uang tanpa bunga.

Sistem yang ada didalamnya seperti sewa modal, bukan bunga. Selain itu, pegadaian hanya memberikan biaya administrasi. Selain itu, sistem sewa modal ini dihitung setiap 15 hari sebesar 1,15%. Jika Anda mengembalikan dana kurang dari 15 hari, maka sewa modalnya semakin merendah.

Banyak jenis barang jaminan yang dapat digunakan sebagai pinjaman di Pegadaian diantaranya seperti ponsel pintar, alat elektronik, kendaran bermotor dan lain sebagainya. Barang tersebut natninya akan ditaksir nilainya berdasarkan kualitas untuk mendapatkan pinjaman yang diminta.

3. Pinjaman Online

Pinjaman Online

Terdapat situs pinjaman online yang memberikan pinjaman tanpa disertai bunga. Anda bisa mendaftar akun Kredivo di HaloMoney.co.id. Terdapat syarat meminjam di situs Kredivo ini tanpa disertai bunga jika Anda mampu melunasi pinjaman sebelum 30 hari.

Sangat disayangkan, pinjaman yang Anda dapatkan sangat limit maksimal Rp. 3 Juta. Tapi lumayan sih buat kalian yang butuh uang untuk beli smarthphone bisa langsung daftar di situs Kredivo ini.

4. Pinjam Kerabat atau Saudara

Pinjam Kerabat atau Saudara

Nah, kalau jenis pinjaman yang satu ini dijamin deh nggak ada bunganya, kecuali kalau kerabat Anda pelit hehe. Pinjaman ini jelas tidak membebani Anda untuk membayar bunganya.

Pinjaman yang satu ini sangat cocok ketika Anda ingin membangun sebuah usaha karena tidak menghawatirkan bunga dan jaminan ketika mengalami kegagalan dalam berusaha. Namun bukan berarti Anda bisa bersantai dalam mengelola bisnis dan membayar pinjaman.

Secara sederhana, Anda bisa membuat sebuah perjanjian tertulis yang telah disepakati masing-masing dari awal proses peminjaman uang. Yang terpenting ialah konsistensi dan komitmen dalam mengembalikan serta kepercayaan.

5. Kartu Kredit

5 Jenis Pinjaman Uang Tanpa Bunga

Pastinya yang Anda ketahui jenis pinjaman yang satu ini terdapat bunga di dalamnya. Sebenarnya kartu kredit juga bisa memberikan fasilitas pinjaman tanpa adanya bunga, namun terdapat syarat di dalamnya. Sistem pinjaman kartu kredit bisa memberikan pinjaman tanpa bunga dengan syarat melunasinya sebelum tanggal jatuh tempo.

Contoh, misal Anda menggunakan kartu kredit sebesar Rp 5 juta untuk belanja bulanan di pertengahan bulan saat Anda lagi bokek. Setelah gajian, Anda dapat membayar penuh tagihan tersebut.

Pelunasan transaksi itu harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo agar Anda tidak terkena bunga dan denda. Sebaiknya gunakan pinjaman ini jika diperlukan saja ya guys!


Nah, itulah 5 jenis pinjaman yang di dalamnya tanpa ada bunga. Tentu hal tersebut akan mempermudah kita sebagai modal usaha tanpa memikirkan beban bunga yang ada di dalamnya. Yang terpenting ialah tidak menyalahgunakan pinjaman uang tersebut untuk keperluan yang tidak penting.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.