Menabung di bank

Menabung Uang di Bank, Inilah Beberpa Plus Minusnya

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang berada di bawah pengawasan lembaga negara yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dimana di tempat ini kamu dapat menyimpang uang maupun melakukan transaksi yang lain. Terdapat beberapa jenis bank di Indonesia, diantaranya adalah bank pemerintah, bank swasta bahkan juga bank asing.

Tidak dapat dipungkiri bahwa menabung uang di bank merupakan salah satu tindakan yang tepat, namun ada baiknya kamu juga mencermati lebih dalam beberapa keuntungan dan kerugian menabung pada lembaga jasa keuangan satu ini, karena menabung jelas berbeda dengan berinvestasi. Dengan mengetahui kondisi serta plus minus menabung di bank, kamu diharapkan bisa mengambil sikap dengan lebih bijak sehingga tepat menentukan pilihan dalam cara menyimpan uang atau bentuk transaksi finansial lainnya yang terkait dengan dunia perbankan. Di bawah ini dipaparkan beberapa plus minus menyimpan uang di bank

Baca Juga : 9 Macam Tabungan Tanpa Biaya Administrasi Terbaik

Keuntungan

Tips menghindri jebakan kartu kredit

1. BungaTabungan

Menabung uang di bank tentunya tidak sama dengan menabung di rumah. Pada saat kamu memutuskan untuk menyimpang uangmu di sini, maka pihak bank akan memberikan bunga terhadap uang simpananmu. Sementara itu besaran bunga yang akan kamu peroleh tergantung dari besaran nominal uang yang kamu simpan dalam rekening bank. Apabila jumlahnya besar atau terus bertambah, maka bunga tabungan juga akan bertambah jumlahnya.

Produk serupa tabungan yang juga bisa kamu ambil adalah deposito. Deposito memiliki nilai suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan, namun menerapkan ketentuan yang relatif lebih ketat daripada jenis tabungan biasa, dan tidak dapat kamu ambil sewaktu-waktu.

2. Jaminan Keamanan

Keamanan menyimpan uang di bank tentunya tidak dapat diragukan lagi. Hal ini juga merupakan pertimbangan terkuat dari seseorang yang ingin menyimpan hartanya dalam bentuk uang atau asset yang lain di bank. Uang yang kamu simpan di bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang merupakan lembaga yang memiliki tugas menjamin simpanan nasabah bank, dimana setiap instansi perbankan yang melakukan kegiatan usaha, diwajibkan menjadi peserta penjaminan LPS.

3. Kemudahan Transaksi Keuangan

Kamu akan mendapatkan kemudahan saat bertransaki finansial apabila kamu menyimpan uangmu di bank. Bahkan dengan fasilitas internet banking kamu dapat bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Dengan menabung, kamu juga dengan mudah menarik tunai pada gerai ATM dimanapun dan kapanpun kamu memerlukan uang tunai. Apabila perlu melakukan setoran atau transfer ke pihak atau orang lain juga memerlukan transaksi keuangan yang lain, kamu juga dengan mudah dapat melakukannya tanpa harus menunggu atau mengantri asalkan akses internet lancar.

4. Nyaman Juga Aman Transaksi Dalam Jumlah Besar

Perlu transaksi dalam jumlah nominal yang besar? Tentunya bank juga menjamin kenyamanan sekaligus keamanannya. Contohnya apabila kamu memiliki perusahaan dan perlu menggaji atau memberi upah pekerjamu dalam bentuk tunai, maka kamu dapat meminta bantuan pihak bank untuk mengirim uangnya kepada kamu, tanpa harus mengambil uang dalam jumlah besar seorang diri.

Jika tidak perlu mencairkannya dalam bentuk tunai, kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas seperti transfer antar bank menggunakan internet banking maupun setoran rekening tabungan. Belum lagi keuntungan adanya promo maupun beberapa fitur lain misalnya undian berhadiah bagi nasabah yang memiliki saldo dalam jumlah tertentu.

Baca Juga : 6 Aplikasi Pinjaman Uang Online Yang Terpercaya

Kerugian

1. Biaya Administrasi

Apabila kamu menabung di bank, maka kamu akan dikenai biaya administrasi yang dipotong dari nominal tabungan kita pada setiap bulannya, dimana besarannya tergantung pada kebijakan dari masing-masing bank.  Pemotongan biaya administrasi ini akan terus berlangsung meskipun saldo tabungan kamu dibawah rata-rata, hingga kamu tidak memiliki saldo sama sekali sehingga tidak bisa dikenai biaya administrasi.

Dengan demikian, jika masih tetap ingin mempertahankan nomor rekening tabungan kamu, sebaiknya secara berkala kamu tetap mengisi saldo paling tidak setiap bulan agar saldo tidak terpotong akibat biaya administrasi yang bisa jadi akan lebih besar dari nominal tabungan apabila tidak pernah kamu isi.

Namun jika kamu ingin terbebas dari biaya administrasi bulanan dari bank, maka cobalah cari informasi jenis tabungan mana pada setiap bank dimana tidak diberlakukan biaya administrasi seperti misalnya produk Tabunganku.

2. Bunga Tabungan Rendah

Jika mengharap uang tabunganmu akan cepat bertambah karena adanya bunga, maka kamu salah. Nilai nominal dari bunga tabungan terhitung rendah. Tidak jarang ditemukan kasus biaya administrasi justru memiliki jumlah yang lebih besar daripada bungan tabungan bulanan sehingga biaya administrasi tetap memakan uang tabungan utama. Sehingga kamu harus memastikan nominal tabungan kamu menghasilkan bunga yang cukup sehingga paling tidak mampu menutup biaya administrasi yang dikenakan tiap bulan.

3. Limit Transaksi

Setiap jenis dan produk tabungan memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Namun yang pasti adalah tiap produk tabungan memiliki limit transaksi per hari baik itu untuk limit pengambilan maupun limit untuk pengambilan uang. Sehingga jika ada hari dimana kamu memerlukan uang melebihi limit yang ditentukan, tentu saja hal itu tidak dapat kamu lakukan, dan kamu harus mengambil sisanya keesokan harinya, tidak bisa pada hari yang sama.

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan menyimpan uang di bank. Dengan mengetahuinya maka apabila kamu memutuskan untuk menyimpan uangmu di bank, kamu sudah mengetahui konsekuensinya sehingga tidak bingung atau marah apabila uangmu sedikit berkurang tiap bulan. Jika berniat menabung pada sebuah bank, carilah informasi sebanyak-banyaknya terkait bank yang menjadi incaranmu. Tanyakan sebanyak-banyaknya hal kepada pihak customer service di saat kamu berkunjung untuk membuka rekening tabungan.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.