Tertarik Investasi Bitcoin? Inilah Resiko Dan Keuntungan Yang Harus Kamu Pahami

Bitcoin yang merupakan salah satu mata uang digital yang berbentuk cryptocurrency ini sempat membuat heboh masyarakat terutama Indonesia karena harganya yang pernah menyentuh angka ratusan juta per satu koinnya.

Sejak saat itu, eksistensi dari crypstocurrency terutama bitcoin menjadi luar biasa. Banyak sekali media-media yang membahas mengenai bitcoin ini, selain itu pemerintah pun juga mengeluarkan banyak pernyataan mengenai mata uang crypto satu ini.

Banyak juga masyarakat Indonesia yang tertarik untuk menggunakan bitcoin ini menjadi aset investasinya, mengingat harganya yang sering naik. Nah, apakah bitcoin ini sudah cocok untuk dijadikan bahan investasi? Pada artikel ini kamu akan segera mengetahui mengenai resiko dan keuntungan dari bitcoin sebagai alat investasi.

Baca Juga :

# Resiko yang Akan Kamu Dapatkan

1. Regulasi Bitcoin yang masih belum jelas

Jika kamu ingin berinvestasi secara aman dan pastinya tidak merasa was-was pastilah barang investasimu harus jelas secara regulasinya. Nah, jika kamu ingin berinvestasi dengan menggunakan bitcoin, mungkin kamu harus sedikit was-was.

Bitcoin pada saat ini belum mempunyai regulasi yang jelas terutama di Indonesia. Bahkan OJK atau Otoritas Jasa Keungan milik Indonesia pun melarang lembaga jasa keuangan untuk menggunakan Bitcoin terlebih dalam hal pemasarannya.

Baca Juga : Inilah Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

Mengapa sih OJK belum menerbitkan regulasinya untuk mata uang Bitcoin ini? pastinya semua itu ada alasannya. Alasan tersebut yaitu :

– Nilai fundamental Bitcoin yang masih abu-abu

Bitcoin merupakan salah satu mata uang yang belum mempunyai bukti fisik, sehingga belum diketahui jenis atau fungsi dari munculnya Bitcoin ini. Oleh sebab itu, Bitcoin belum mendapat regulasi di Indonesia.

– Tidak ada jaminan

Apakah kamu tau Bitcoin berasal darimana? Apakah kamu tau siapa yang menjamin mengenai mata uang Bitcoin ini? pasti semuanya masih sesikit orang yang tau bahkan belum ada kan? nah, oleh sebab itu Bitcoin masih belum mendapat regulasinya.

2. Rentan Terjadi Aktivitas Ilegal

Jika kamu ingin melakukan investasi namun kamu belum mengetahui darimana barangmu berasal apakah kamu merasa nyaman dan aman? Pastinya tidak kan? nah, jika kamu melakukan investasi dengan bentuk Bitcoin mungkin kamu akan sedikit merasakannya.

Terlebih lagi mata uang Bitcoin yang dikenal sebagai mata uang dengan sistem transaksi anonim yang pasti tidak jelas siapa yang mengirim dan darimana asalnya. Pastinya kamu akan dibuat bertanya-tanya dengannya.

Apakah kamu juga pernah mendengar bahwa mata uang Bitcoin ini pernah terjadi kebocoran sistem? Yang membuat MTGox menjadi bangkrut sehingga banyaknya para pengguna bitcoin merugi? Jika kamu penyuka hal teknologi keuangan pasti sudah mengetahuinya.

Nah, apabila kamu ingin melakukan investasi dalam bentuk Bitcoin, kamu harus selalu berhati-hati pastinya dan jangan lupa selalu memantau pergerakannya secara realtime supaya kamu lebih aman.

Baca Juga : Hindari 7 Jenis Investasi Ini Jika Kamu Takut Akan Risiko

3. Volatilitasnya yang bisa dikatakan tinggi

Melakukan investasi kebanyakan menggunakan benda yang sudah jelas adanya dan juga nilainya yang semakin bertambah. Namun, berbeda dengan Bitocoin ini. Jika kamu melakukan investasi dengan bitcoin kamu akan merasakan hal yang berbeda.

Bitcoin seperti yang kita ketahui merupakan salah satu mata uang digital yang pastinya belum berbentuk fisik. Dari bentuknya saja sudah bisa ketahui mata uang ini nilainya kurang stabil alias bisa naik dan bisa juga turun.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin berinvestasi dengan bitcoin ini kamu harus selalu memantau pergerakan harganya. Sehingga apabila terjadi sesuatu kamu bisa langsung mengetahuinya dan melakukan sebuah tindakan.

Apakah kamu mengikuti berita beberapa tahun yang lalu yang menyebut harga bitcoin naik secara drastis hingga hampir bahkan sudah menyentuh angka 200 juta per koinnya? Pasti sudah ya. Namun apakah kamu sudah dengar nilai bitcoin merosot hingga dibawah 100 juta?.

Nah, itulah salah satu resiko dari menggunakan bitcoin sebagai alat investasi. Kamu harus mengenal dan mempelajari berbagai aspek dalam berinvestasi dengan bitcoin supaya kamu menjadi untung dan tidak merugi.

Baca Juga : 7 Macam Keuntungan Investasi di Bidang Pertanian

+ Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan

1. Keamanan identitas

Jika kamu menginginkan keamanan dalam bertransaksi dan menyimpan sebuah mata uang, mungkin bitcoin inilah solusinya. Didalam bitcoin, data pemilik dan juga data transaksi akan tertutupi dan menjadi anonim.

Baca Juga : 8 Jenis Investasi Untuk Mahasiswa Yang Paling Tepat

2. Peluang harga menjadi naik

Perkembangan teknologi menjadi semakin cepat dan banyak hal yang berubah di dunia ini. Mulai dari pekerjaan yang mulai dimudahkan oleh teknologi, berbelanja secara online, dan lain sebagainya yang sudah banyak berpindah kedalam hal online.

Melihat hal tersebut pastinya menjadi sebuah peluang untuk bitcoin menjadi mata uang yang nilainya menjadi besar di masa mendatang karena menggunakan sistem teknologi didalamnya.

Namun semua itu tidak ada yang mengetahuinya karena kita tidak mengetahui apakah dimasa mendatang uang akan tetap berbentuk uang, atau malah sudah menjadi hal baru yang lebih inovatif.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Investasi Sejak Dini

3. Bebas dan cepat

Jika kamu meginginkan sesuatu pastinya lebih memilih yang cepat terlebih lagi jika bebas dalam menggunakannya bukan? Nah apabila kamu ingin berinvestasi dengan menggunakan bitcoin ini kamu akan berbuat bebas semaumu tanpa adanya pihak ketiga yang memantau.

Apabila kamu berinvestasi dengan menggunakan uang asing, kemungkinan besar pergerakannya akan diawasi oleh bank dan juga informasinya semuanya tercatat di bank. Nah, apabila kamu berinvestasi di bitcoin, semuanya menjadi lebih cepat tanpa ada perantara pihak ketiga seperti perbankan.

Baca Juga : 10 Keuntungan Besar Yang Di Dapat Dari Inveastasi

Itulah artikel mengenai resiko dan juga keuntungan yang akan didapatkan apabila kamu menggunakan bitcoin untuk melakukan investasi. Semoga dapat bermanfaat buat kamu yang pernasaran mengenai bitcoin jika digunakan sebagai alat investasi.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.