Resiko dalam usaha

7 Resiko Usaha Yang Harus Anda Hadapi

Setiap berbisnis atau usaha pastinya memiliki resiko meski pada akhirnya bisnis atau usaha tersebut akan berujung keberhasilan atau kegagalan. Jika Anda mampu melewati rintangan yang ada di dalamnya, pasti Anda akan berhasil membangun sebuah bisnis atau usaha. Namun jika Anda tidak fokus dengan bisnis atau usaha yang Anda jalankan, bersiaplah untuk menerima resiko yang harus dihadapi.

Dalam berbisnis kalian tidak hanya memikirkan keuntungan saja yang akan didapat, melainkan resiko yang akan dihadapi juga harus dipikirkan. Mampu atau tidaknya Anda melewati resiko dalam menjalankan bisnis atau usaha tergantung diri Anda sendiri. Dengan cara bekerja keras yang sungguh-sungguh tentu akan membuat usaha Anda berhasil.

Nah, Berikut adalah 7 Macam Resiko Bisnis/Usaha Yang Harus Kalian Hadapi.

1. Rugi dalam Berbisnis

Rugi dalam Berbisnis

Jenis resiko yang harus kalian siap hadapi adalah kerugian dalam menjalankan bisnis Anda. Dalam berbisnis terdapat untung dan rugi, bilamana bisnis Anda sedang menghasilkan keuntungan yang besar Anda harus bersyukur. Bilamana bisnis yang Anda jalankan sedang mengalami kerugian, Anda harus bersabar.

2. Persaingan yang Ketat dalam Berbisnis

Persaingan yang Ketat dalam Berbisnis

Sepertinya Anda harus benar-benar cerdik dalam menjalankan dunia bisnis di jaman sekarang. Kini persaingan bisnis begitu ketat, sehingga banyak orang lain yang mengalami kegagalan berbisnis akibat kalah bersaing.

Apalagi sekarang sudah jamannya teknologi canggih, bagia kalian yang belum menguasai teknologi sebagai alat untuk berbisnis tentu akan kalah bersaing dengan orang-orang yang tahu akan ilmu teknologi.

Meski begitu, Anda tidak perlu minder guys! Tidak ada yang tidak mungkin bagi Anda jika melakukan bisnis tersebut dengan jujur dan sungguh-sungguh. Tuhan Maha Adil yang pastinya akan memberikan rejeki masing-masing kepada setiap orang.

3. Bangkrut Total

Bangkrut Total

Inilah resiko yang paling menakutkan bagi para pebisnis. Bisnis Anda bisa saja mengalami bangkrut total jika menjalankannya hanya main-main saja. Selain itu, bisnis yang Anda jalankan tidak sesuai selera para pelanggan. Akibat itulah yang menjadikan bisnis Anda gagal dan bangkrut total.

Akan tetapi berbeda jika pebisnis tersebut sangat optimis jika bisnis yang dijalaninya akan berhasil. Tentu si pebisnis tersebut akan lebih mengerahkan tenaganya untuk terus fokus terhadap bisnis yang sedang dijalaninya. Ia tak peduli dengan gangguan yang terus membuntutinya karena ia yakin bahwa bisnis yang dijalaninya akan berhasil.

4. Tidak Stabilnya Kondisi Pasar

Tidak Stabilnya Kondisi Pasar

Resiko bisnis yang harus siap kalian hadapi ialah tidak stabilnya kondisi pasar. Seperti halnya jika bahan baku tiba-tiba mengalami kenaikan harga, maka harga produk punya Anda akan mengalami kenaikan harga pula. Disaat itulah, konsumen bisa saja beralih ke produk lain karena memiliki harga yang lebih murah dibanding punya Anda.

Resiko yang satu ini akan menimbulkan dampak kerugian yang besar jika Anda tidak segera menyelesaikan solusinya. Dengan begitu, hal ini akan menjadikan pembelajaran bagi Anda dalam menjalankan bisnis atau usaha agar terus mengalami keuntungkan meski mengalami resiko yang satu ini.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Kreatif Untuk Pemula

5. Kerja Keras

Kerja Keras

Resiko yang satu ini akan dialami oleh semua orang yang menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Namun jika Anda menerima resiko tersebut dengan baik, Anda justru akan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Dalam bekerja keras kita harus fokus, teliti, rajin dan tekun dalam menjalankan bisnis yang akan kita buat. Jika Anda mampu melewati resiko tersebut, tentu bisnis yang Anda jalankan akan berhasil dengan jeripayah yang telah Anda lakukan.

6. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Berkomunikasi dengan Pelanggan

Agar bisnis Anda berhasil, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan. Jika tidak, hal ini akan beresiko terhadap bisnis yang Anda jalani. Pelanggan selalu memperhatikan mulai dari tempat, interaksi karyawan terhadap pelanggan dan lain sebagainya.

Meski resiko ini terbilang kecil, membuat pelanggan nyaman dengan bisnis usaha yang Anda buat akan menjadikannya mereka sebagai pelanggan tetap Anda. Namun jika sebaliknya, mereka malah justru dapat menghimbau orang lain agar tidak datang ke tempat usaha Anda dikarenakan pelayanannya yang kurang baik.

Baca Juga : Bisnis Anda Selalu Gagal? Ternyata Ini Penyebabnya

7. Menjadi Pemimpin

Menjadi Pemimpin

Bagi Anda yang akan memulai usaha, Anda harus menerima resiko sebagai pemimpin dari bisnis yang akan Anda buat. Segala tanggung jawab ada di tangan Anda sebagai pemimpin bisnis tersebut.

Seorang pemimpin harus mampu membuat keputusan yang mutlak. Seperti contoh Mike Tyson yang pernah memimpin sebuah bisnis miliknya. Akibat keputusan yang diambilnya salah, usaha yang dijalaninya pun tidak berjalan dengan lancar. Mereka gagal karena jiwa kepemimpinan masih lemah.

Jika Anda sudah yakin dapat memimpin bisnis yang akan Anda jalankan. Jangan ragu lagi untuk memulai bisnis atau usaha Anda untuk mencapai kesuksesan.

Terkadang kita ragu untuk memulai membangun sebuah usaha karena resiko yang akan dihadapinya nanti. Hal itu membuat mental kita semakin down dan takut akan mengalami kerugian yang besar. Sehingga, untuk memulainya saja kita ragu sebelum terjun langsung ke bisnis yang akan kita buat.

Ternyata eh ternyata, sebuah resiko itu bisa dihadapi guys. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah berani memulai bisnis atau usaha yang akan Anda buat. Hilangkan rasa ragu dan takut untuk memulai bisnis Anda. Ketika sudah melangkah, setiap kendala yang terjadi pasti memiliki solusi yang mampu Anda hadapi.

Jika Anda masih terus takut dan ragu, Anda akan menjadi orang yang bingung. Kesuksesan pun akan sulit Anda raih jike takut terhadap sebuah resiiko. Yakinlah pasti kamu bisa untuk membangun sebuah bisnis atau usaha.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.