investasi saham pemula

Trik dan Tips Bagi Kamu yang Ingin Investasi Saham

Saham merupakan salah satu aset yang pasti dimiliki oleh sebuah perusahaan. Bisa dibilang juga bahwa saham merupakan roda penggerak sebuah perusahaan, karena semakin besar dan lancarnya saham yang dimiliki sebuah perusahaan maka perusahaan akan cepat melesatnya juga.

Itulah sebabnya mengapa saham sangat penting bagi perusahaan. Namun, selain perusahaan, ternyata saham juga sering dimanfaatkan juga bagi para investor untuk meraup banyak keuntungan didalamnya.

Ada juga yang menjadikannya sebagai alat investasi, namun pastinya harus melalui beberapa tahapan supaya investasi yang dilakukan tersebut menjadi berhasil dan pastinya tetap profit tanpa ada sesuatu yang mengganjal.

Supaya tetap profit dan tidak sering terganjal pastinya seorang investor harus mempunyai cara tersendiri. Nah, kamu bisa mendapatkan beberapa tips dan trik dalam berinvestasi di dunia saham yang ada dibawah ini.

1. Selalu berkonsultasi

Apabila kamu masih merupakan investor baru di dunia saham, kamu harus sering berkonsultasi terlebih dahulu sebelum terjun langsung kedalam dunia saham supaya kamu tidak merugi saat berinvestasi.

Kamu bisa berkonsultasi saat kamu akan membuat rekening saham di tempat pembukaan rekening saham yang sering disebut sebagai perusahaan sekuritas. Tanyakan apapun yang membuat kamu penasaran mengenai dunia saham.

Jangan merasa malu karena kamu masih pemula, namun pastikan semua pertanyaan yang kamu fikirkan sudah tersampaikan semuanya dan kamu meresapi semua informasinya tersebut. Sehingga apabila ada sesuatu yang terjadi, kamu bisa langsung dengan sigap menyikapinya.

Baca Juga : Inilah Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

2. Cek likuiditas saham

Membeli sebuah saham di perusahaan supaya profit tidak boleh gegabah hanya karena tergiur dengan harga atau yang lainnya, namun kamu harus selalu cek likuiditas saham perusahaan yang ingin kamu beli tersebut.

Untuk mengecek likuiditas saham milik sebuah perusahaan yang kamu incar untuk dibeli kamu bisa melihat diberbagai website bursa efek yang ada di Indonesia yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Internet.

Kamu bisa menyeleksi beberapa bagian yang kamu anggap penting dan sangat mempengaruhi saham di pasar, lihat juga riwayat saham di sebuah perusahaan tersebut. Jika kamu sudah merasa bagus dan cukup, kamu bisa mencoba membelinya.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Raya

3. Selalu mulai dengan jumlah yang kecil

Salah satu cara yang mungkin bisa dibilang kesalahan bagi seorang pemula yaitu membeli sebuah saham secara serentak alias dengan jumlah yang besar sekaligus. Sebenarnya bukan kesalahaan karena itu merupakan kehendaknya sendiri.

Jika kamu sudah terlalu faham mengenai dunia saham, kamu bisa langsung membelinya langsung secara banyak dengan syarat kamu harus melakukan beberapa analitik terhadap saham perusahaan tersebut.

Namun, jika kamu masih bisa dibilang pemula, kamu bisa mencobanya secara kecil-kecilan terlebih dahulu. Jika kamu sudah bisa melihat profitnya dan kamu yakin, kamu bisa menambah pembelian saham di perusahaan tersebut.

Itu semua berguna untuk mengurangi resiko kerugian yang akan kamu dapat apabila ternyata perhitungan atau analitikmu masih meleset terhadap kondisi realnya.

Baca Juga : 8 Jenis Investasi Untuk Mahasiswa Yang Paling Tepat

4. Beli saham dari perusahaan populer

Jika kamu ingin mendapatkan saham yang bisa dibilang nilainya relatif stabil, kamu bisa membeli saham milik perusahaan yang sudah populer atau setidaknya kamu sudah pernah mendengar mengenai nama perusahaan tersebut.

Dengan cara seperti itu, resiko yang akan kamu dapatkan menjadi sedikit berkurang. Namun, pastinya harga sahamnya akan jauh lebih mahal dibandingkan saham milik perusahaan yang masih belum terlalu populer.

Ibaratnya jika kamu membeli saham dari perusahaan populer kamu sedang membeli sandwich, sedangkan jika kamu membeli saham dari perusahaan yang masih baru atau masih belum terlalu besar seperti membeli roti tawar biasa yang harganya lebih murah.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Investasi Sejak Dini

5. Selalu amati keadaan ekonomi dan politik

Keadaan sebuah ekonomi ataupun politik disebuah negara ternyata berdampak juga dengan nilai sahamnya lho. Seperti halnya pada pemilihan serentak beberapa bulan kemarin yang membuat harganya menjadi lebih murah, namun setelah semuanya berjalan normal akhirnya harga saham menjadi naik kembali.

Itu saja yang masih bisa dibilang kecil mampu membuat perubahan dalam dunia saham, apalagi jika ada sesuatu yang besar pastinya harga saham akan naik turun keadaannya. Nah, kamu harus selalu update mengenai kedua hal tersebut supaya kamu bisa sukses dalam berinvestasi saham.

Melakukan investasi dalam dunia saham sebenarnya susah-susah mudah, tergantung bagaimana kamu menggunakan produk investasi tersebut. Jika kamu selektif dan faham mengenai saham, pastinya investasi kamu akan sukses dan membuahkan hasil yang besar.

Baca Juga :

Namun, jika kamu hanya sekedar coba-coba tanpa mempunyai rasa keingin tahuan, bisa dipastikan kamu akan merasa tersendat didalam menjalankan investasi dalam dunia saham ini terlebih lagi jika kamu salah dalam membeli sebuah saham.

Itulah artikel mengenai tips dan trik saat kamu ingin melakukan investasi dalam dunia saham. Semoga dapat mencerahkan kamu dari pertanyaan-pertanyaan mengenai investasi saham yang cukup membuat stress orang awam.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.