asuransi kesehatan

Bingung Memilih Asuransi Kesehatan? Yuk, Simak 8 Tips nya!

Kondisi udara dan cuaca yang kerap mengalami situasi ekstrem, belum lagi gaya hidup tidak sehat, stress dan paparan zat kimia yang tanpa kita sadari terus menerus menerjang, membuat kita memerlukan usaha ekstra dalam menjaga kesehatan.

Pencegahan merupakan tindakan utama  yang mesti dipikirkan, namun proteksi dalam bentuk yang lain, seperti misalnya asuransi kesehatan tentunya juga harus menjadi prioritas kamu. Namun kerapkali kamu merasa bingung untuk memilih asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan yang butuhkan.

Karena itu, ada baiknya kamu simak 8 tips memilih asuransi kesehatan yang tepat berikut ini

1. Pilihlah Perusaan Asuransi Yang Telah Teruji Kredibilitasnya

Saat ini perusahaan asuransi khususnya asuransi kesehatan sangat beragam dengan jumlah banyak. Kamu harus pandai-pandai memilah dan memilih, karena tidak semua perusahaan asuransi tersebut memiliki kredibilitas yang bisa dipertanggung jawabkan.

Beberapa hal yang bisa menjadi patokan kamu bahwa sebuah perusahaan asuransi memiliki kredibilitas yang baik adalah :

  • Perusahaan tersebut secara resmi telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kementrian hukum maupun kementrian keuangan
  • Memiliki banyak nasabah yang memberikan testimoni atau pembuktian yang positif, sehingga dapat dikatakan perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terpercaya
  • Beberapa teman atau saudara kamu merupakan nasabah dan  pengguna layanan produk dari perusahaan tersebut dan telah merasakan manfaatnya.
  • Rekam jejak di internet juga tidak ada salahnya kamu kulik. Jika warga net di luar sana banyak yang merekomendasikan perusahaan ini maka merupakan tambahan nilai plus untuk perusahaan itu.

Pihak asuransi tentunya akan menawarkan beragam produk mereka, namun sebaiknya pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja, sehingga hal ini tentunya akan mempengaruhi perusahaan asuransi yang akan kamu pilih.

2. Pahami Berbagai Jenis Produk Asuransi Kesehatan

Terdapat dua jenis produk yang secara garis besar umumnya ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan yaitu hospital cash plan dan hospital benefit. Produk asuransi berjenis hospital benefit akan memberikan penggantian biaya secara rinci dari berbagai biaya yang kamu keluarkan saat harus berobat di rumah sakit.

Untuk produk jenis ini sistem klaim yang digunakan adalah cashless dan non-reimbursement, dimana pada umumnya pembayaran pengobatan rumah sakit dilakukan dengan cara menggesek kartu asuransi kesehatan tertentu.

Hospital cash plan merupakan jenis produk asuransi yang memberikan penggantian dalam nominal tertentu, disesuaikan dengan perjanjian pada awal kontrak.

Contohnya disepakati penggantian 1 juta rupiah per hari kala nasabah dirawat di rumah sakit, tidak perduli berapa nominal sesungguhnya yang dikeluarkan nasabah di rumah sakit tersebut per harinya.

Sistem klaim yang diberlakukan adalah reimbursement dimana nasabah harus membayar penuh biaya rawat terlebih dahulu, dan nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi sesuai dengan jumlah nominal yang disepakati tersebut setelah nasabah melengkapi form pengajuan reimbursement.

3. Menentukan Produk Asuransi Yang Kamu Butuhkan

Banyaknya produk asuransi yang ditawarkan membuatmu bimbang memilih sebenarnya yang mana yang benar-benar kamu perlukan, dan merasa khawatir jika kurang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Maka untuk mencegahnya sebaiknya kamu perhatikan riwayat kesehatanmu sehingga kamu memahami apa yang kamu butuhkan bahkan sekaligus mampu meringankan beban finansial kamu.

Selain itu kamu juga disarankan untuk mengumpulkan data terkait biaya berobat ke rumah sakit beserta seluruh fasilitasnya. Misalnya saja kelas VIP ditambah biaya kunjungan dokter 1 juta rupiah disertai fasilitas lainnya.

4. Kenali Produk dan Cara Klaim

Cobalah kenali produk tatkala kamu menerima tawaran sebuah produk asuransi secara menyeluruh sehingga kamu juga mengetahui terkait proses klaimnya.

Kerap kali orang menjadi malas memilih produk asuransi kesehatan karena prosesnya ribet dan menganggap klaimnya tidak sesuai. Padahal terkait hal itu sudah jelas tertera pada perjanjian yang disepakati.

Karenanya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sikap kritis kamu sangat diperlukan saat mengenali sebuah produk termasuk proses klaimnya.

5. Membandingkan Perusahaan Asuransi Satu Dengan Yang Lain

Sebelum memilih perusahaan asuransi yang kamu percaya dengan memanfaatkan produk mereka, ada baiknya kamu juga melirik penawaran dari perusahaan yang lain sebagai perbandingan.

Hal ini diperlukan karena memilih produk asuransi kesehatan mesti disesuaikan dengan kemampuan finansial dan ketertarikan kamu juga efektivitas penggunaan produk itu sendiri.

Agar lebih jelas dan juga adil dalam membandingkan, kamu juga bisa menghubungi agen asuransi maupun datang langsung ke perusahaan asuransi.

6. Perlu Disesuaikan Dengan Kondisi Finansial Kamu

Pembayaran polis asuransi acapkali memerlukan nominal yang tidak kecil, karena harus disesuaikan dengan jangka waktu yang diambil oleh nasabah juga rata-rata keperluan nasabah itu sendiri.

Beberapa perusahaan asuransi menetapkan maksimal waktu 10 tahun, karena itu jumlah nominal yang harus kamu bayar per bulannya juga harus menyesuaikan. Apabila telah menentukan sebuah produk asuransi maka cek kembali kondisi finansial kamu, sehingga pembayaran polis asuransi tidak memberatkan atau bisa lancar dibayarkan.

Namun sadarilah pula bahwa sejatinya uang kamu akan kembali kepada kamu di masa yang akan datang, sehingga sebaiknya asuransi kesehatan tidak kamu anggap sebagai beban. Bahkan hasilnya bukan hanya kamu yang dapat menikmati hasilnya melainkan juga anak atau cucu kamu nantinya.

7. Pilih Yang Memiliki Tiga Layanan Kesehatan Utama

Langkah selanjutnya adalah periksa apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki tiga layanan kesehatan utama, karena pada umumnya perusahaan asuransi memilikinya, yaitu pelayanan rumah sakit, jaminan kesehatan mata dan jaminan kesehatan gigi.

Tiga layanan ini sering menjadi top produk dari setiap perusahaan asuransi, Karenanya jika kamu telah mempertimbangkan memanfaatkan produk dari sebuah perusahaan asuransi namun tidak menawarkan tiga layanan ini, maka ada baiknya kamu meninggalkan perusahaan tersebut dan mempertimbangkan yang lain.

8. Sebaiknya Mampu Mengakses Rumah Sakit Langganan

Tiap perusahaan asuransi memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Sebelum menentukan pilihan pada sebuah produk asuransi kesehatan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan mereka.

Akan lebih baik apabila rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal kamu atau kamu percayai menjadi salah satu rekanan mereka. Apabila kamu sering bepergian ke luar negeri, maka pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki mitra rumah sakit di luar negeri.

Selain beberapa hal yang telah dipaparkan di atas, banyak juga yang menyarankan bahwa sebaiknya kamu jangan menunda lagi untuk memiliki proteksi asuransi pada saat kamu dalam keadaan sehat dan masih di usia muda.

Ajukan juga asuransi keluarga jika kamu sudah berkeluarga, sehingga anak-anakmu juga akan dapat memanfaatkannya. Selain itu perlu juga dipertimbangkan perusahaan asuransi yang menerima double-claim, dan jika kamu sudah memiliki investasi, sebaiknya tidak memilih asuransi unit-link yang memiliki unsur investasi namun pilihlah asuransi murni.

Jadi jangan tunggu untuk mulai memiliki proteksi kesehatan dengan memanfaatkan asuransi kesehatan!

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.