Lahan bisnis

Ubah Sampah Menjadi Lahan Bisnis dengan Cara Ini

Penumpukan sampah apabila dibiarkan akan menyebabkan keresahan di negeri ini. Oleh karena itu, harus ada solusi yang tepat bagaimana agar sampah terdistribusi dengan baik dan bermanfaat. Tahukah Anda bahwa ternyata sampah bisa menjadi lahan bisnis jika dioptimalkan pengolahannya. Beberapa ide tentang pengolahan sampah pun bermunculan di tengah masyarakat.

Baca Juga : Memulai Bisnis Tanpa Modal Banyak Tetapi Sangat Menghasilkan

Beberapa Cara Mudah Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar sampah dapat berubah menjadi pundi-pundi rupiah. Dalam hal ini, membuat produk yang bernilai bisnis dibutuhkan kreatifitas dan inspirasi yang tinggi.

Berikut adalah beberapa cara mengubah sampah menjadi ladang bisnis..

1. Sampah Koran Menjadi Hiasan

Sampah koran sangat mudah ditemukan. Salah satu cara pemanfaatannya untuk bisnis adalah dengan mengubahnya menjadi aneka bentuk hiasan. Cara membuat hiasan dari koran juga tidak terlalu sulit. Sehingga, hal ini dapat memudahkan pengrajin di dalam memproduksi barang baru yang unik serta bernilai jual tinggi.

Di antara jenis hiasan yang bisa dibuat dari sampah koran adalah pigora, hiasan pohon berdiri, bunga dan masih banyak lagi yang lainnya. Semakin kreatif Anda dalam menciptakan produk dari sampah koran, hal ini akan dapat dijadikan inspirasi bisnis kekinian.

Baca Juga : Beberapa Tahapan yang Harus Kamu Lakukan Saat Membangun Bisnis

2. Sedotan Bekas Menjadi Tempat Pensil

Sedotan menjadi salah satu jenis sampah yang menumpuk dimana-mana. Baik di kawasan perkotaan maupun pedesaan. Salah satu cara memanfaatkan sedotan menjadi ladang bisnis adalah dengan menjadikannya tempat pensil. Lagi-lagi butuh kreatifitas lebih untuk mewujudkan hal ini. Namun, caranya sebenarnya sangat sederhana.

Caranya cukup memanfaatkan kardus dan membentuknya menjadi lingkaran memanjang. Kemudian melapisi bagian luarnya dengan sampah sedotan yang telah dikumpulkan. Namun, usahakan warnanya seragam agar lebih menarik. Baru kemudian Anda perlu menambahkan hiasan di bagian atas dan samping sehingga tempat pensil ini menjadi bernilai jual tinggi.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

3.Sampah Stick Ice Cream Menjadi Jam Dinding

Selain kedua jenis sampah di atas, stick ice cream juga tergolong jenis sampah yang menggunung. Salah satu cara memanfaatkan sampah jenis ini adalah dengan mengubahnya menjadi jam dinding. Sebagaimana diketahui bersama bahwa jam dinding merupakan kebutuhan yang mutlak diperlukan untuk rumah. Sehingga, hal ini bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Namun, untuk membuat jam dinding dari bahan stick ice cream, dibutuhkan jarum jam dan komponen yang lain. Anda dapat merangkai stick-stick yang ada menjadi bentuk-bentuk unik sesuai selera. Baik itu bentuk bulat, kotak hingga karakter-karakter unik lain. Setelah itu, berikan hiasan pada sisi-sisinya agar memiliki nilai seni tinggi.

Baca Juga : 7+ Ide Bisnis Berbasis Pernikahan Yang menguntungkan

4.Sampah Kaleng untuk Celengan

Menabung menjadi hal yang harus diajarkan sejak masa kanak-kanak. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang tua yang membelikan celengan bagi anaknya agar belajar menabung. Inspirasi produk celengan ternyata juga bisa didapatkan dari sampah kaleng. Baik itu sampah kaleng bekas minuman, cat dan aneka jenis kaleng yang lain.

Cara membuat celengan dari sampah kaleng ini juga sangat mudah dan sederhana. Cukup dengan menutup bagian atasnya. Kemudian beri hiasan pada semua sisi kaleng agar nampak indah dan menarik. Jangan lupa memberikan berbagai karakter yang sedang hits agar produk celengan Anda laku keras di pasaran.

Baca Juga : 7+ Peluang Bisnis Setelah Menikah

5.Sampah Botol Menjadi Lampu Hias

Lampu hias adalah sesuatu yang banyak dicari saat ini. Khususnya jenis lampu yang berbentuk unik. Ternyata, ada bahan baku murah meriah yang bisa Anda peroleh untuk membuat lampu hias tersebut. Yaitu dengan memanfaatkan sampah botol. Khususnya jenis botol sisa minuman kemasan. Mengingat di sekitar masyarakat, botol menempati jenis sampah anorganik yang paling banyak.

Untuk membuat lampu hias dari sampah botol, Anda dapat mencari inspirasi model atau bentuk terlebih dahulu. Kemudian membuat pola yang sesuai dengan model untuk dibentuk menjadi lampu hias yang menarik. Namun, untuk bisnis ini Anda harus menambahkan lampu dan ini membutuhkan modal tersendiri. Akan tetapi, jika produk Anda laku akan memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Baca Juga : Ingin Punya Bisnis Kecil Tapi Menguntungkan? Begini Caranya

6. Sampah Kardus Menjadi Tempat Tisue

Sampah kardus adalah jenis sampah yang kerap menumpuk di kalangan masyarakat. Salah satu cara memanfaatkan sampah ini agar menjadi barang yang laku dijadikan lahan bisnis adalah dengan menjadikannya tempat tisu. Hal ini disebabkan karena tisue menjadi barang yang wajib ada di rumah-rumah. Tentunya tempat tisue juga dibutuhkan bukan?

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup dengan membuat pola dan bentuk tempat tisue sesuai dengan keinginan. Setelah itu, Anda tinggal memberikan hiasan kepada pola yang sudah dirakit. Misalnya dengan menggunakan kain flanel yang saat ini sedang banyak diminati. Atau jika tidak, Anda bisa menghiasnya dengan bentuk bunga yang indah dan menarik.

Baca Juga : 6 Ide Bisnis Dengan Modal 1 Jutaan

7. Sampah Plastik Menjadi Bunga

Plastik menjadi sampah yang paling banyak dijumpai dimana-mana. Memanfaatkan sampah satu ini sangat penting agar jumlah plastik dapat terkurangi. Salah satu solusinya adalah menjadikannya bunga. Tentunya dengan desain dan model yang menarik dan unik agar benar-benar layak dijadikan ladang bisnis. Terlebih, hiasan seperti bunga pasti dibutuhkan untuk memperindah isi rumah.

Ada beragam warna plastik yang dapat disulap menjadi bunga. Mulai dari plastik merah, ungu, kuning dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan kreatifitas tinggi, bunga yang dihasilkan akan mampu menarik minat banyak kalangan. Terlebih jika pemasarannya dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga : 7 Cara Sederhana Menemukan Ide Bisnis

Ada banyak peluang bisnis dari bahan dasar sampah. Sehingga, selain dapat mengurangi penumpukan sampah, hal ini juga akan membantu meningkatkan taraf ekonomi Anda.

Leave a Comment

Webmaster tool activated by Webmaster Tools Plugin from LionScripts.com.